Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Minggu, 17 November 2013

TUJUAN DAKWAH

TUJUAN DAKWAH




PEMBAHASAN KEENAM: DAKWAH MENGAJAK KEPADA AGAMA ALLAH

Dakwah adalah untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan ideologi kufur (paham dan sistem kufur) menuju cahaya ideologi Islam (Aqidah dan Syariah Islam lengkap) dengan izin Allah Swt. yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.

Kejayaan umat yang dicita-citakan yang terwujud dalam pembangunan masyarakat Islam dan diterapkannya seluruh sistem Islam; melanjutkan kehidupan Islam dengan tegaknya Negara Khilafah Islamiyah, harus dimulai dengan gerakan partai Islam, yaitu gerakan yang sadar dan menguasai ideologi Islam, gerakan yang mengikuti metode Rasul Saw. dalam menegakkan Islam keseluruhan, gerakan yang tidak berkompromi dengan sistem kufur bangsa manapun, gerakan yang terus berdakwah menyadarkan dan memobilisasi Umat ke arah kejayaan.

Para penduduk negeri Muslim telah jenuh dan frustasi dengan dampak dari diterapkannya sistem kufur Barat di berbagai bidang. Dalam perjalanan Umat menuju kegemilangan diperlukan penunjuk yang benar-benar memahami jalan yang bisa mencapai tujuan. Penunjuk itu terdapat dalam partai politik berideologi Islam yang mengerjakan dakwah Islam, yaitu dakwah yang membebaskan masyarakat dari belenggu paham dan sistem kufur, dakwah yang berupaya memberikan rahmat bagi masyarakat yaitu terapnya sistem Islam keseluruhan, yang tanggung jawabnya dijalankan oleh para da’i yang tulus.

HUKUM DAKWAH

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali-Imran: 104)

Sampaikan apa yang berasal dariku meskipun hanya satu ayat.” [HR. Imam Bukhari dalam kitab fathul bari jilid 6 hal.496, dari Abdullah bin Amru ra.]

Dakwah Islam adalah = untuk mewujudkan kepribadian Islam, yaitu mewujudkan individu berpola pikir dan berpola sikap Islam; menjadikan berakidah Islam dan menyikapi segala sesuatu berdasar hukum Islam.
= untuk mewujudkan masyarakat Islam, yaitu masyarakat yang berpemikiran Islam, berperasaan Islam, dan bersistem Syariah Islam.
= untuk mewujudkan negara Khilafah Islam, yaitu negara yang berideologi Islam; akidah Islam menjadi dasar negara; Syariah Islam menjadi konstitusi dan undang-undangnya; Sistem Islam keseluruhan menjadi sistemnya; mengemban dakwah kepada seluruh manusia untuk menegakkan keadilan Islam menjadi misinya.

Amal perbuatan tersebut dan segala yang mengiringinya merupakan kewajiban dalam Islam yang tidak gugur sampai bisa terus terpenuhi.

Selama kekuasaan yang menangani dan menjalankan tanggung jawab dan mengurusi perkara kaum Muslimin itu tidak ada, maka segala kelalaian atau sikap duduk terpaku yang dilakukan kaum Muslimin, menurut Syariat adalah perbuatan dosa yang tidak termaafkan kecuali dengan bersegera dan cepat bangkit dan menjalankan kewajiban berdakwah untuk Islam itu. [Mohammad alghazali: rakaizul iman, bainalaqli walqalbi, hal.57]

Maka Islam tidak mencukupkan bagi Muslim untuk menjadi salih dan mendapatkan petunjuk bagi dirinya saja. Islam menuntut dari Muslim agar menjadi pelaku kebaikan bagi orang lain dan memberi petunjuk bagi orang lain.

Katakanlah: "Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua.” (QS. Al-a’raaf:158)

Risalah Nabi Muhammad Saw. tetap berlangsung terus sampai nanti hari kiamat. Tujuan dari risalah itu adalah memberi petunjuk manusia semuanya agar mereka berjaya di dunia dan di akhirat.

Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zhalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.” (QS. Al-Anfaal:25)

Hadits dari Ummul Mukminin Zainab binti Jahsy bahwa dia bertanya kepada Rasulullah Saw.: ”Apakah kita akan hancur sementara di sisi kita terdapat orang-orang salih? Rasulullah menjawab: “Ya, jika keburukan merajalela.” [Sahih Muslim dalam syarah nawawi jilid 6 juz 18 hal.3-4, kitab fitnah, bab mendekati fitnah. Imam nawawi berkata: ”Khubuts ditafsirkan oleh mayoritas fuqaha’ sebagai kedurhakaan dan keburukan… Yang dzahir, bahwa maksud dari khubuts adalah kemaksiatan secara mutlak]

Kondisi umat Islam diliputi dengan kerusakan yang telah menjalar dalam setiap aspek kehidupan. Hal itu menjadikan wajib bagi setiap Muslim untuk berjuang guna merubah realitas ini, dan mendirikan hukum Allah di muka bumi. [Mohammad Alghazali; rakaizul iman bainalaqli walqalbi: dalam pendahuluan]

TUJUAN DAKWAH ISLAM

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam