Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Sabtu, 16 November 2013

METODE MERAIH KEJAYAAN UMAT ISLAM





METODE MERAIH KEJAYAAN

Metode untuk meraih kejayaan bagi kaum Muslimin adalah penerapan seluruh Syariat Islam dalam semua bidang serta semua aspek kehidupan individu, masyarakat, dan negara; termasuk penegakkan Syariat Islam mengenai Negara Khilafah Islamiyah. Itu semua wajib diperjuangkan dengan mengikuti metode perjuangan Rasul Saw. dalam menegakkan Islam secara keseluruhan; yaitu metode perjuangan dalam mengganti sistem jahiliyah dengan sistem Islam komprehensif dalam kehidupan umat manusia. Metode Rasul Saw. ini bersih dari kotoran cara dan sistem kufur manapun. [Lebih lanjut lihat, ‘Dakwah Islam’ Syeikh Ahmad Mahmud]

PASAL PERTAMA: PERANGKAT-PERANGKAT KEJAYAAN

Di dalamnya ada tujuh macam pembahasan:
Pertama: Iman
Kedua: Amal salih
Ketiga: Ibadah
Keempat: Ilmu
Kelima: Jihad (berperang di jalan Allah)
Keenam: dakwah untuk mengajak kepada agama Allah
Ketujuh: kesabaran

PENGANTAR

Muqawwimat tamkin adalah sesuatu yang menjadi faktor munculnya kejayaan, dan menjadi sandaran kejayaan, yaitu menjadi sandaran pokok.

Umat Islam telah mengalami masa puncak kejayaan, kemudian menuju masa kejayaan biasa, dan selanjutnya menuju kepada hilangnya kejayaan dan kalah dengan musuh.

Supaya umat Islam kembali kepada kejayaan, memimpin dunia dan merasa aman, yang dulu telah mereka raih, maka umat Islam harus kembali kepada perangkat-perangkat kejayaan itu sendiri yang menjadi landasan dan faktor utama munculnya kejayaan bagi umat Islam pada masa generasi yang pertama. Urusan umat ini tidak menjadi baik kecuali dengan perkara baik yang ada pada para pendahulu awal mereka, yaitu di masa–masa kejayaan.

Perangkat-perangkat inilah yang merupakan prasayarat dari Allah bagi umat Islam. Jika umat Islam lalai dan tidak memenuhinya, maka kejayaan akan hilang begitu saja. Mereka akan dihinggapi rasa takut dan dengan mudah dikendalikan oleh musuh.

Meskipun syarat tersebut banyak, secara global teringkas menjadi tujuh macam perangkat kejayaan, yaitu: iman, amal shalih, ibadah, ilmu, Jihad di jalan Allah, dakwah mengajak kepada agama Allah, dan kesabaran.

PEMBAHASAN PERTAMA

IMAN

Iman adalah perangkat pertama dari macam-macam perangkat kejayaan umat. Iman ini ibarat kepala perangkat itu. Tanpa iman, maka perangkat dan sarana lainnya tidak mempunyai nilai. Maka dari sinilah, Allah mendahulukan iman ini dari hal lainnya.

Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di muka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. An-Nur:55)

DEFINISI IMAN

Iman diartikan menurut bahasa dengan arti tashdiq atau membenarkan, sebagaimana terdapat dalam firman Allah yang diucapkan oleh para saudara Nabiyullah Yusuf as: ”Mereka berkata: "Dan kamu sekali-kali tidak akan percaya kepada kami” (QS. Yusuf: 17) [Almu’jam alwasith, materi, alif, mim, nun, hal.28-29] Maksudnya adalah engkau bukanlah mushaddiq atau orang yang membenarkan.

Dan kata iman ini bisa ditambah dengan lam, misalnya pada firman Allah: “Mereka berkata: "Apakah kami akan beriman kepadamu, padahal yang mengikuti kamu ialah orang-orang yang hina?" (QS. Assyu’ara:111)
Bisa juga ditambah ba’, misalnya dalam firman Allah: “(yaitu) kalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” (QS. Ashshaff: 11)

Pengertian iman menurut istilah:
Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah berkata: »Iman adalah sebuah hakikat yang terbentuk dari pengetahuan tentang apa yang dibawa oleh Rasulullah Saw. dan membenarkannya dalam akad, mengakuinya dalam ucapan, tunduk kepada beliau karena cinta dan patuh. Selain itu juga mengerjakan apa yang dibawa beliau baik secara lahir maupun batin, melaksanakannya serta berdakwah dengannya menurut kemampuan ». [Al-Fawa’id hal.147]

Sedangkan Imam Alusi berkata: »Iman menurut Syariat adalah membenarkan terhadap apa yang diketahui datang dari Rasulullah dengan wajib baik yang diketahui itu secara terperinci atau global. Inilah madzhab jumhur ulama yang muhaqqiq (mantap) » [Ruuhul ma’ani jilid 1 hal.110]

Imam Raghib berkata: Yang dimaksud dengan iman, adalah pengakuan diri terhadap kebenaran, dengan lewat jalan tashdiq (membenarkan) Hal itu dengan berkumpulnya tiga macam perkara, yaitu membenarkan dengan hati, menyatakan dengan lidah, dan beramal sesuai yang dinyatakan itu dengan anggota badan. [Mufradaatul Qur’an hal.26]

Iman adalah membenarkan dengan mantap yang diringi dengan pengakuan diri dan menerimanya serta tunduk dan patuh. [Tafsiirul Mannaar jilid 1 hal.1326] ……berlanjut

METODE MERAIH KEJAYAAN UMAT ISLAM

DOWNLOAD BUKU: MEMENUHI KEWAJIBAN UMAT MERAIH KEJAYAAN

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam