Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Senin, 25 November 2013

FIKIH AULAWIYAT

FIKIH AULAWIYAT




Yang dimaksud dengan fikih aulawiyat adalah meletakkan segala sesuatu dalam tingkatannya, sehingga tidak mengakhirkan yang semestinya didahulukan atau mendahulukan hal yang semestinya diakhirkan. Inilah yang berlaku dalam hukum Syariah.

Termasuk kesalahan adalah memperhatikan hal yang bersifat cabang sebelum yang pokok, memperhatikan yang bagian daripada keseluruhannya. Kewajiban didahulukan atas yang sunnah, dan fardhu ain didahulukan atas fardhu kifayah.

Kewajiban yang telah dibatasi waktunya dan telah datang waktunya, maka didahulukan daripada kewajiban yang luas waktunya.

Termasuk dari fikih aulawiyat adalah kita mengetahui manakah perkara yang lebih utama untuk diperhatikan sehingga diberikan usaha dan waktu yang lebih banyak daripada perkara lainnya.

Jika kita ingin mendirikan sebuah masyarakat Islam sejati, maka kita tidak boleh menyangka bahwa hal itu bisa terealisasi dengan keputusan yang keluar dari sistem kufur semacam dari presiden, raja atau parlemen. Akan tetapi masyarakat Islam terealisasi dengan jalan tahapan perjuangan Rasul Saw., yaitu tahap pengkaderan; tahap terjun ke masyarakat dengan: pertarungan pemikiran, perjuangan politik, membantu permasalahan umat, dan mencari kekuatan/kekuasaan riil yang menolong menegakkan Islam; kemudian tahap penerapan seluruh Syariah dengan Negara Islam.

Metode dengan tahapan seperti itulah yang ditempuh oleh Rasulullah Saw. untuk merubah kehidupan jahiliah menjadi kehidupan yang Islami. Ketika itu Rasulullah selama tiga belas tahun berada di kota Makkah. Di sana Beliau mendidik generasi mukmin yang mampu mengemban beban dakwah dan beban perjuangan. Karena itulah periode Makkah bukanlah periode perundangan atau penerapan hukum, sebab pada perode itu adalah masa dakwah intelektual dan pemikiran.

Terkadang sebuah generasi mulai melakukan perjuangan permulaan yang cukup besar, dan belum dapat dinikmati oleh generasi kedua dan ketiga atau generasi setelahnya. Akan tetapi hal itu tidak menjadi masalah selama segala sesuatunya berjalan dalam garisnya yang lurus dan jalannya yang mengikuti tuntunan Rasul saw.

“Memang, jarak begitu panjang. Sementara itu pergulatan antara kebenaran dan kebatilan tidak dapat terungkap hasilnya dalam setahun atau dua tahun dan tidak diketahui hasilnya dalam satu ronde atau dua ronde.” [Muhammad alghazali, ilal wa-adwiyah hal.37]

FIKIH AULAWIYAT

DOWNLOAD BUKU: MEMENUHI KEWAJIBAN UMAT MERAIH KEJAYAAN

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam