Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Kamis, 21 November 2013

PERUBAHAN ISLAMI

PERUBAHAN ISLAMI




”Perubahan Islami adalah dengan menghapuskan prinsip-prinsip perundangan dan pemikiran masyarakat jahiliah dan menggantikannya dengan pemikiran Islam, prinsip serta perundangannya.
     Perubahan Islami berarti mengarahkan manusia kepada Tuhan semesta alam dalam segala urusan kehidupan mereka yang umum maupun yang khusus. Perubahan Islami berarti mengarahkan umat Islam untuk bergantung hanya kepada Allah.
     Perubahan Islami adalah perubahan total dan mendasar terhadap segala sistem jahiliah dan bukan hanya menambal saja atau sekedar mereparasi salah satu bagiannya.” [Fathi yakan, asysyabab wattaghyir, hal.27-28]

”Perubahan Islami sesuai dengan kriteria yang dijelaskan tadi wajib hukumnya secara Syariat. Selain itu, perubahan Islami merupakan kepentingan bagi manusia yang mendesak. Perubahan itu hukumnya wajib, karena terdapat upaya menghilangkan kekuasaan Allah dan (ada upaya) dominasi sistem dan perundangan konvensional terhadap manusia. Hal itu menjadikan umat Islam harus bersegera melakukan perubahan dan memulai kehidupan baru.
     Kemudian untuk merealisasikan masyarakat Islam, maka tidak mungkin dilakukan tanpa melakukan perubahan. Terdapat kewajiban-kewajiban dan hukum Syariat yang tidak dapat dijalankan tanpa adanya kekuasaan perundangan Islam. Ungkapan kaidah Syariat adalah: ”Sesuatu yang menjadikan yang wajib tidak sempurna, kecuali dengan sesuatu itu, maka sesuatu itu hukumnya wajib.”
     Perubahan Islami merupakan hal yang mendesak bagi manusia karena banyak sebab dan faktor yang kami ringkas sebagai berikut:
1. Menyelamatkan manusia dari keterpurukan dan keterbelakangan peradaban barat.
2. Kebangkrutan peradaban barat membuat perubahan Islami menjadi keharusan yang mendesak bagi manusia.
3. Kegoncangan eksistensi akidah Islam di dunia memperkuat adanya kebutuhan terhadap perubahan Islami.
4. Pandangan yang cermat terhadap kondisi yang dialami dunia Islam menegaskan adanya kebutuhan untuk melakukan perubahan Islami. Hal itu demi menyelamatkan umat Islam dari kondisi yang mereka derita saat ini agar mereka menempati posisinya yang unggul dengan memberikan petunjuk bagi dunia.
Dengan demikian juga akan menyelamatkan manusia dari kehancuran dan keterpurukan yang akan menimpanya. [Fathi yakan, asysyabab wattaghyir, hal.28]

Perubahan Islami adalah gerakan perubahan dengan mengikuti metode Rasul Saw. dalam mendirikan Negara Islam sebagai negara wajib penegak sistem Islam keseluruhan. Secara rinci bisa dilihat di bukunya Ahmad Mahmud, “Dakwah Islam.”

Manusia dalam pandangan Islam adalah makhluk yang diberikan beban dan tanggung jawab. Ia adalah hamba Allah yang mampu merubah kondisi di sekitarnya sebagaimana ia mampu merubah dirinya sendiri.

Allah memberikan manusia kesempatan untuk berperan aktif dalam kehidupan ini. Manusia berkesempatan melakukan perubahan dalam kehidupan ini, baik perubahan dalam hati, niat, kelakuan, tindakan dan kondisi mereka sehingga sesuai dengan Islam.
     
Perubahan pada diri manusia dan masyarakat yang harus diwujudkan itu merupakan perubahan yang menyapu bersih segala unsur kerusakan, keburukan, kemunduran, penyimpangan dan kesesatan.

Rasulullah Saw. telah memimpin revolusi perubahan masyarakat secara menyeluruh dengan metode perubahan dari Allah Swt. yang wajib kita ikuti; kita ikuti metode Beliau tanpa kekerasan dalam mengganti sistem jahiliyah dengan sistem Negara Islam. Beliau mulai dengan membina para kader dakwah, sehingga beliau dapat mencetak para pejuang hebat. Kemudian dari mereka itulah, perjalanan dilanjutkan untuk menciptakan perubahan besar terhadap masyarakat sistem jahiliyah; yaitu merubah masyarakat dari kegelapan sistem kufur menuju cahaya Islam, dari kebodohan menuju ilmu dan dari keterbelakangan menuju kemajuan, dari kesengsaraan menuju kekuatan. Dengan para kader dakwah pilihan ini, maka Beliau membangun peradaban paling agung yang tercatat dalam sejarah kehidupan manusia.

Jalan menuju perubahan Islami adalah perjuangan yang kontinyu dan konsisten.

MENGUSAHAKAN PERUBAHAN

Kekalahan yang menimpa umat Islam di Uhud, adalah karena perbuatan mereka sendiri dan itu takdir Allah Swt.
Katakanlah: "Itu dari (kesalahan) dirimu sendiri.” Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dan apa yang menimpa kamu pada hari bertemunya dua pasukan, maka (kekalahan) itu adalah dengan izin (takdir) Allah, dan agar Allah mengetahui siapa orang-orang yang beriman.” (QS. Ali Imran: 165-166)

(Yaitu) orang-orang yang menta'ati perintah Allah dan Rasul-Nya sesudah mereka mendapat luka (dalam peperangan Uhud) Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan di antara mereka dan yang bertaqwa ada pahala yang besar.
(Yaitu) orang-orang (yang menta'ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.
Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS.Ali Imran:172-274)

Mereka kembali kepada Allah dan bertawakkal kepada-Nya agar mereka dapat keluar dari realitas buruk menuju realitas yang baik, sesuai Islam.

Telah dimaklumi bahwa berbuat untuk mengubah sesuatu, tidak bertentangan dengan takdir Allah. Maka takdir Allah tidak boleh dijadikan alasan untuk menyerah kepada keadaan yang terjadi dan berpangku tangan tidak mengubahnya.

Umat Islam juga harus berpegang teguh terhadap sunnatullah perubahan ini dalam mewujudkan peradaban Islam Negara Khilafah. Hal itu agar perjalanan umat Islam dapat bersambung dengan para generasi tua mereka yang salih sampai nanti hari kiamat. Dan agar bendera Islam terkibarkan dengan tinggi di tangan umat Islam yang mengendalikan kehidupan umat manusia menuju jalan Tuhan yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.

PERUBAHAN ISLAMI

DOWNLOAD BUKU: MEMENUHI KEWAJIBAN UMAT MERAIH KEJAYAAN

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam