Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Kamis, 21 November 2013

KARAKTERISTIK KEUNGGULAN SYARIAT ISLAM

KARAKTERISTIK KEUNGGULAN SYARIAT ISLAM




1. Rabbaniyyah (KeTuhanan): Syariat Islam diturunkan dari Allah yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui. Dia mengetahui apa yang terbaik bagi diri manusia dan apa yang merusaknya. Allah berfirman:
Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui”(QS.Al-Mulk: 14)

2. Universal: Syariat Islam bukan untuk satu jenis manusia atau segolongan orang tertentu dari mereka. Akan tetapi untuk manusia dalam kapasitasnya sebagai manusia. Dalam hal ini Allah berfirman:
Katakanlah: "Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua.” (QS.Al-A’raaf:158)

3. Komprehensif: Syariat Islam mencakup segala bidang kehidupan. Allah berfirman:
Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (al-Qur'an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang berserah diri.” (QS.An-Nahl:89)

4. Keadilan mutlak. Syariat Islam tidak memperhatikan sekelompok rakyat tanpa sekelompok lainnya atau satu tingkatan orang tanpa tingkatan lainnya. Syariat Islam juga tidak memperhatikan satu aspek dan mengabaikan aspek lainnya.

Segala karakteristik Syariah tersebut merupakan hal yang mustahil terjadi dalam perundangan konvensional buatan manusia. Sebab memenuhi karakteristik itu semuanya memerlukan ilmu ketuhanan dan kasih sayang-Nya. Manusia selamanya tidak bisa membuat aturan yang baik di semua sisi yang beragam. Sedangkan yang memandang dengan pandangan yang meliputi semua aspek dan segala hal, adalah Allah yang Maha Menciptakan dan Maha Mengetahui; ilmu dan rahmat-Nya mencakup segala sesuatu. [Abdullah nasih Ulwan, hatta ya’lama asyssyabab hal.45]

Beberapa persaksian para penulis barat dan pemikir mereka agar hal itu dapat lebih menguatkan argumentasi:
Dr. Esco Ensapato berkata: ”Syariat Islam unggul dalam banyak bagiannya daripada perundangan Eropa. Bahkan Syariat Islam adalah Syariat yang paling mantap bagi dunia.” [Abdullah nasih Ulwan, hatta ya’lama asyssyabab hal.45]
     Baba Syanudah dalam pembicaraannya yang dipublikasikan pers mengatakan: “Para pendeta dalam naungan hukum Syariat Islam lebih bahagia dan lebih merasa aman. Mereka pernah seperti itu, berada dalam kebahagiaan ketika hukum Syariat menjadi hukum yang banyak dijalankan. Kami rindu untuk hidup dalam naungan ”hak bagi mereka, maka kita juga berhak, dan kewajiban bagi mereka, maka kami juga berkewajiban.”
     Sekarang ini negara Mesir (negara sistem kufur sekularisme) mengadopsi perundangan dari luar dan menerapkannya bagi kita. Sementara kita tidak menerapkan perundangan yang terperinci dalam Islam. Lantas bagaimana bisa kita rela dengan perundangan yang diambil dari luar, sementara kita tidak rela dengan perundangan Islam? [Mohammad Imarah: al-Islam wassiyasah hal.150, yang juga dicantumkan dalam koran al-ahraam Mesir tanggal 6 maret 1985]

KARAKTERISTIK KEUNGGULAN SYARIAT ISLAM

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam