Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Sabtu, 05 Januari 2013

Bagaimana Kebangkitan Sosialisme Dan Apa Peran Marx Dan Engels? (Sistem Kufur Dan Rusak)

Bagaimana Kebangkitan Sosialisme Dan Apa Peran Marx Dan Engels? (Sistem Kufur Dan Rusak)



Kapitalisme Modern, Komunisme, dan Sosialisme Masa Kini (Sistem Kufur Dan Rusak)
…..
3.    Bagaimana bangkitnya sosialisme dan apa peran Marx dan Engels dalam sejarahnya?

Dalam konteks kondisi dehumanisasi kehidupan serta penderitaan para pekerja di negara maju maupun daerah jajahan seperti diuraikan di atas, sosialisme bangkit sebagai protes menentang penyalahgunaan kekuasaan dan tekanan yang merupakan dampak kapitalisme klasik dan imperialisme borjuis.

Sosialisme bangkit dari protes kaum humanis yang menentang ketidakadilan dan penindasan oleh kapitalisme klasik dan imperialisme borjuis terhadap para pekerja di dunia. Melalui perjuangan menuju kepemilikan sosial dan kontrol terhadap produksi dan pertukaran, serta melalui pembebasan dari penjajahan, sosialisme berjuang untuk mengakhiri penindasan sesama manusia dan dengan setara menyelesaikan konflik sosial yang timbul dari pembagian kelas secara sewenang-wenang. Sosialisme berusaha menyelesaikan kendala-kendala utama dalam pembentukan peradaban yang adil, berdasar persaudaraan dan progresif (menurut paham kufur sosialisme).

Kemajuan dan pertumbuhan sosialisme, sistematika intelektualnya, dan pencapaian kekuatannya sebagai kekuatan politik di Eropa abad ke-19, sebagian besar merupakan hasil tulisan dan usaha Karl Marx (1818-1883) dan rekannya Friedrich Engels (1820-1895). Bersama, mereka menulis Communist Manifesto yang diterbitkan pada 1848. Di samping itu, karya Marx berjudul Capital (Das Kapital) Volume Satu yang terbit 1867 dan diselesaikan Engels setelah Marx meninggal. Volume Dua karya ini terbit 1885, dan Volume Tiga 1894.

Marx dan Engels percaya bahwa mereka telah menemukan hukum alam yang tak dapat ditawar dan arah sejarah. Hal mana menandai kehancuran kapitalisme setelah krisis yang berulang dan semakin parah, serta kemenangan mutlak sosialisme yang tak terhindarkan. Karena kepercayaan mereka dalam karakter ilmiah hukum ini, mereka menyebutnya sistem "sosialisme ilmiah" (scientific socialism). Marx dan Engels juga yakin bahwa kebebasan pekerja hanya dapat dicapai melalui perubahan sistem dari kapitalisme ke sosialisme-perubahan yang secara umum hanya dapat diraih melalui revolusi kekerasan. Maka sistem pemikiran mereka disebut "sosialisme revolusioner" (revolutionary sosialisme). Dalam membangun teori atau sistem pemikiran mereka, Marx dan Engels menjabarkan bagian-bagiannya dari empat sumber utama: pertama, ekonomi Inggris; kedua, sosialisme humanis Perancis; ketiga, filosofi determinis Hegelian Jerman; dan keempat, ilmu pengetahuan dan teknologi akhir abad ke-19.

Selama krisis sistem kapitalis terus berlangsung dengan kekuatan penuh dan selama penindasan terhadap para pekerja terus memburuk, teori Marx dan Engels kian kredibel dan menarik. Namun, menjelang akhir abad ke-19, arah kejadian-kejadian dalam sistem kapitalis ternyata berbeda dengan yang diramalkan Marx dan Engels. …..

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam