Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Senin, 26 Oktober 2015

Eksploitasi Perempuan Oleh Kapitalisme


Sejumlah perempuan telah mengalami buta huruf, kemiskinan, dan segala fenomena yang menunjukkan eksploitasi pada perempuan. Di Jombang sendiri, kemiskinan masih dialami oleh lebih dari 20% penduduknya, dan terdapat sejumlah kasus (sekitar 65 kasus sepanjang tahun 2012) penzholiman terhadap perempuan, dari penganiaayaan yang dialami istri hingga trafficking. Akankah di tahun 2013 ini hal-hal tersebut bisa diatasi?

Tahun 2013: Akankah Menjadi Momentum Perubahan Bagi Nasib Perempuan? kondisi perempuan saat ini dan bagaimana mengubah nasib perempuan untuk menjadi lebih baik sesuai dengan Islam. fakta eksploitasi perempuan oleh kapitalisme sebagai biang keladi ketertindasan itu. Parahnya, kapitalis masih dengan percaya diri dan arogan menyodorkan solusi-solusi palsu yang sejatinya makin memperparah derita perempuan. Gagalnya solusi ini terbukti dengan catatan kilas balik 2012 yang masih menyisakan berbagai masalah yang terjadi pada perempuan. solusi tuntas dengan menegakkan Syari’ah kaffah dalam bingkai negara Khilafah Islamiyah. Hendaknya kita merujuk kepada Nabi SAW dalam mengurus perempuan dan menjadikan metode dakwahnya sebagai pedoman utama dalam merubah masyarakat.


refleksi dari acara Konferensi Perempuan Internasional. Khilafah Melindungi Perempuan dari Kemiskinan dan Eksploitasi. fakta kondisi perempuan Muslim di seluruh dunia yang setiap harinya berjuang untuk menyambung hidup. Bahkan mereka rela keluar rumah dengan harapan mendapatkan penghidupan yang lebih baik sehingga mampu menyejahterakan keluarganya. Akan tetapi pada faktanya yang mereka dapatkan bukanlah kesejahteraan tapi mereka malah menjadi korban eksploitasi ekonomi bahkan mengalami dehumanisasi. Selain itu akibat yang mereka alami adalah disfungsi peran sebagai perempuan dan ibu. Itulah kenyataan pahit yang dialami oleh para pekerja perempuan, terutama para Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri.

Penyebab kemiskinan dan eksploitasi kaum perempuan di seluruh belahan dunia karena adanya sistem kapitalistis. Dalam sistem yang rusak ini, perempuan –terutama para TKW- dianggap sebagai komoditas ekonomi yang membawa keuntungan finansial bagi negara demokrasi. Para pahlawan devisa negara itu seakan menjadi tumbal yang harus dikorbankan demi pertumbuhan ekonomi.

Islam adalah satu-satunya sistem yang akan melindungi perempuan dari kemiskinan dan eksploitasi. Dalam Islam, kedudukan perempuan sangat mulia. Islam tidak memandang perempuan sebagai komoditi ekonomi, melainkan sebagai manusia yang harus dilindungi dan selalu difasilitasi secara finansial oleh suami, atau kerabat laki-laki mereka, ataupun oleh negara karena mereka tidak diwajibkan bekerja. Sehingga mereka bisa memenuhi peran penting dan tanggungjawab mereka yang utama yaitu sebagai istri, pengatur rumah tangga dan ibu tidak terganggu. Di saat yang sama, Islam juga mengizinkan perempuan untuk mencari pekerjaan jika mereka menginginkannya, asalkan dalam batasan-batasan ketentuan Syari’at Islam.

sistem Khilafah memiliki mekanisme untuk mengatasi masalah kemiskinan dan eksploitasi. Khilafah adalah negara yang fondasi kebijakannya diarahkan untuk mengupayakan distribusi kekayaan yang efektif dalam menjamin kebutuhan primer semua warganya. Di saat yang sama Negara Khilafah meletakkan produktivitas ekonomi yang sehat untuk mengatasi pengangguran massal dan memungkinkan setiap individu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersiernya. Kebijakan ini akan memungkinkan kaum laki-laki bekerja untuk memenuhi kewajibannya menafkahi keluarganya sehingga tidak memaksa para istri atau ibu untuk bekerja. Khilafah menjamin kesejahteraan kaum perempuan sebagaimana menjamin kesejahteraan kaum laki-laki tanpa diskriminasi. Sistem Khilafah adalah sistem pemerintahan yanga akan menerapkan syaria’t Islam secara sempurna. Khilafah adalah satu-satunya sistem yang sangat kredibel dan telah teruji dalam waktu yang lama dalam menangani kemiskinan, menyejahterakan sekaligus tetap menjaga kehormatan perempuan.

muncul kesadaran bahwa satu-satunya solusi untuk keluar dari berbagai masalah yang diderita para perempuan saat ini yaitu dengan adanya sistem Khilafah Islamiyyah sehingga perempuan akan terbebas dari kemiskinan dan eksploitasi.


Muslimah dalam posisinya sebagai ibu dan pendidik pertama (madrasatul ‘ula) bagi anak memegang peranan penting dalam pembentukan generasi masa depan. Namun di tengah arus liberalisasi dan sekulerisme-kapitalistik peran ibu sangatlah berat. Ibu bagaikan “Pencuci Piring”, banyak ibu yang ketika di rumah sudah membekali anaknya dengan pemikiran Islami namun ketika anak keluar ia akan menyerap semua informasi yang dia dapatkan di luar sana.

Pendidikan Islam Melahirkan Generasi Cerdas Dan Unggul. tugas Ibu akan sangat berat tanpa dukungan dari masyarakat dan Negara. Sejarah telah membuktikan keberhasilan Pendidikan Islam dalam mencetak generasi bertaqwa yang cerdas dan tangguh seperti Imam Syafi’I, Muhammad Al Fatih, Harun Al-Rasyid, Umar Bin Abdul Aziz, Umar Bin Khotob, Ali bin abi Tholib yang mampu memposisikan Islam sebagai Adikuasa dunia. Inilah saatnya kebangkitan kaum Muslim dengan tegaknya Daulah Khilafah Rasyidah alaa Manhajin Nubuwah. Allahu Akbar.

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam