Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Senin, 01 April 2013

Sistem Syariat Islam Sistem yang Menyeluruh

Sistem Syariat Islam Sistem yang Menyeluruh


Islam Sebagai Penyelesaian

PELBAGAI aliran pemikiran, falsafah, peraturan, sistem politik, ekonomi dan sosial ciptaan manusia ditawarkan untuk menyelesaikan masalah hidup yang dihadapi manusia sejagat. Malangnya, semuanya tewas dan gagal apabila dilaksanakan. Hingga ke hari ini tidak ada satu aliran pun buatan manusia yang dapat memperlihatkan kemampuannya untuk menuntaskan realiti kehidupan yang rusak.

KEGAGALAN ALIRAN MARXISME:

Bibit-bibit kejatuhan Russia sebagai lambang kuasa yang dibangun di atas ideologi komunisme (aliran Marxist) telah bermula sejak 40 tahun yang lalu. Pada bulan September 1961, harian ‘Pravda’ yang menjadi lidah resmi Pimpinan Pusat Partai Komunis Russia telah menyebarkan program baru partai itu. Rancangan itu ialah fikiran jalan atau cara revolusioner seperti yang ditegaskan oleh buku ‘Materialisme Dialektika’: “Berikutnya peralihan dari kapitalisme kepada sosialisme dan memerdekakan kelas buruh (pekerja) dari penindas kapitalis. Ini bisa direalisasikan bukan dengan evolusi, bukan dengan memperbaikinya, akan tetapi dengan perubahan bentuk dan cara sistem kapitalisme yakni dengan revolusi.”

Harian tersebut juga menegaskan usaha-usaha merealisasikan masyarakat komunisme seperti yang dirancangkan itu meliputi tempo 20 tahun akan datang. Di samping itu ia menekankan kegagalan sistem komunis selama 40 tahun yang lalu dalam membentuk asas ideologi dan kehidupan duniawi yang lengkap bagi masyarakat komunisme.

Ini menunjukkan komunisme sebagai satu ideologi telah hilang kekuatannya untuk melaksanakan apa yang dinamakan ‘kepastian sejarah peralihan dari kapitalisme kepada sosialisme’. Kegagalan itu berlaku karena teori komunisme tidak ditegakkan di atas asas dan kaedah umum yang lengkap untuk memungkinkan ideologi itu berkembang.

Prinsip penghapusan hak milik individu telah ditukar kepada satu penyelesaian yang lebih sederhana yaitu menguasai segenap industri, perdagangan luar negeri, bank-bank dan segala kepemilikan umum. Antara bukti kegagalan pelaksanaan prinsip persamaan di dalam masyarakat komunisme diungkapkan dalam buku tulisan Krien Brinton yang bertajuk ‘Revolusi Komunisme: Unsur, Penyelesaian dan Hasilnya’: “Sebagaimana yang  diakui oleh para pendukung komunisme sendiri bahwa Russia kini hidup di dalam satu masyarakat yang berbeda-beda dalam pembagian barang-barang keperluan dan perolehan individu dengan perbedaan yang besar. Seorang ahli politik berkedudukan tinggi, pengarah perusahaan, penulis atau penari ballet hidup bergelimang dengan kemewahan sedangkan rakyat biasa tidak sedemikian.”

Keadaan itu menjadikan masyarakat Russia satu masyarakat yang lebih tidak memiliki persamaan dalam bidang ekonomi jika dibandingkan dengan masyarakat kapitalis manapun.
 
Fakta itu jelas membuktikan komunisme pada zahirnya memperjuangkan prinsip persamaan dan keadilan secara teori tetapi gagal apabila dilaksanakan.

KEGAGALAN PERADABAN BARAT:

Sebagian besar generasi muda tertipu oleh fatamorgana peradaban Barat. Mereka menyangka kebersihan lahiriah kaum itu merupakan bukti kebersihan rohani dan hati mereka. Kemajuan pesat di dalam bidang sains dan kebendaan tidak mencukupi untuk dijadikan contoh teladan di dalam segala perkara. Ukuran kemajuan dan peradaban suatu bangsa sepatutnya ditimbang dengan nilai akhlak dan keadilan yang direalisasikan dalam masyarakat.

Peradaban Barat jika dilihat dari necara ini sebenarnya sudah gagal. Segala slogan yang dicanangkan oleh Barat seperti prinsip kebebasan, perdamaian dan persamaan hanyalah omongan kosong belaka. Seorang ahli falsafah Inggris, Joede, menulis di dalam bukunya: “Sesungguhnya peradaban modern itu tidak ada perseimbangan antara kekuatan dan akhlak... kerana akhlak sangat ketinggalan jauh dari ilmu. Semenjak kebangkitannya ilmu terus meningkat maju sedangkan akhlak berada dalam kemunduran sehingga jarak antara keduanya sangat jauh.”

SYARAT ISLAM SEBAGAI PENYELESAIAN:

Setiap sistem mempunyai falsafah, pemikiran, jalan, gagasan dan caranya yang tersendiri mengenai kehidupan. Setiap sistem juga mempunyai masalah dan cara penyelesaiannya apabila dilaksanakan.

Oleh karena itu adalah tidak adil dan tidak rasional jika sistem tertentu diminta menyelesaikan masalah yang ditimbulkan oleh sistem lain.

Logikanya jika kita ingin minta cara penyelesaian suatu sistem terhadap masalah kehidupan maka sistem itu perlu diberi peluang terlebih dahulu dilaksanakan dalam realitas kehidupan. Setelah itu barulah dapat dilihat apakah masalah itu masih ada atau sudah selesai, berubah bentuk atau unsurnya. Pada masa itu barulah sistem berkenaan bertanggungjawab sepenuhnya terhadap permasalahan yang timbul.

Islam adalah sistem hidup yang lengkap, bersifat komprehensif, saling berkait dan menguatkan antara satu aspek dengan aspek lain. Sistem ini berbeda dari sistem lainnya dari segi wataknya, gagasannya tentang kehidupan dan cara pelaksanaannya. Perbedaan ini adalah perbedaan yang asasi dan menyeluruh. Oleh karena itu Islam bukan ideologi yang bersalah atas masalah yang timbul dalam masyarakat hari ini karena masalah itu lahir akibat Islam dipisahkan dari realitas kehidupan.

Sebenarnya untuk mengambil Islam sebagai penyelesaian masalah, terlebih dahulu Islam wajib dijadikan sebagai pengatur seluruh kehidupan individu, keluarga, masyarakat, negara dan dunia ini. Allah SWT berfirman yang artinya:
“Wahai orang yang beriman masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.” (Al-Baqarah: 208)

Islam mendidik manusia dengan sistem tertentu, memerintah dengan hukum tertentu, menyelesaikanmasalah mereka atas dasar tertentu serta mewujudkan sistem kemasyarakatan, ekonomi dan politik yang tertentu. Jadi perkara utamanya ialah menjalankan kewajiban melaksanakan Islam sebagai sistem yang menyeluruh dalam semua aspek kehidupan.

Sistem Syariat Islam Sistem yang Menyeluruh

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam