Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Sabtu, 03 Oktober 2015

Kemiskinan yang merajalela hanyalah satu dampak kapitalisme


Disfungsi keluarga yang tengah terjadi pada mayoritas keluarga Muslim saat ini berpotensi mengakibatkan kerusakan generasi. Jangankan memberikan kontribusi bagi kemajuan umat, mereka bahkan lebih disibukkan oleh berbagai persoalan dan aktivitas yang malah kontra produktif bagi pembangunan umat. Angka perceraian yang berujung pada problematika anak meningkat tajam, kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga yang diidamkan semua orang semakin sulit diraih. Inilah potret keluarga Muslim di Indonesia hari ini.

Selama ini, kemiskinan dianggap sumber semua persoalan sehingga menjadi fokus perhatian yang akhirnya banyak menginsiprasi munculnya beragam kebijakan bagi penyelesaian masalah keluarga. Padahal, kemiskinan yang merajalela hanyalah salah satu buah busuk kapitalisme. Karenanya, yang harus dilakukan bukan sebatas memberantas kemiskinan, tapi menghilangkan akar permasalahan kemiskinan yaitu kapitalisme dan menggantinya dengan sistem yang mensejahterakan yaitu sistem Islam yaitu Khilafah Islamiyah.

Khilafah Menjamin kebahagiaan dan Kesejahteraan Keluarga. Betapa pentingnya peran keluarga. Keluarga adalah tempat pendidikan yang pertama dan utama dalam menanamkan nilai-nilai akidah Islam yang akan menjadi pondasi dan benteng yang kuat bagi anggotanya. Keluarga juga akan menentukan bangunan masyarakat yang hendak dibentuk. Oleh sebab itu Islam mempunyai seperangkat aturan untuk menjaga keutuhan dan keharmonisan keluarga.Tapi fakta yang melanda keluarga Muslim di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Maraknya perselingkuhan, kekerasan dalam rumah tangga, tingginya angka perceraikan dan terabaikannya hak anak hingga berujung pada kriminalitas pada anak, seperti meningkatnya freesex, aborsi, narkoba, maupun HIV AIDS.
Setidaknya penyebab semua itu ada 2 faktor, pertama adalah faktor internal, yaitu kurang pahamnya pasangan suami istri akan hukum Allah terkait dengan membangun keluarga sehingga masing masing tidak bisa menjalankan fungsinya secara optimal. Kedua tidak adanya sistem yang kondusif bagi keluarga Muslim, karena sistem yang diterapkan sekarang adalah sistem kapitalis sekuler di semua sektor kehidupan, di mana budaya hedonis dan materialistik selalu menjadi landasan dan pijakan manusia dalam berbuat.
Untuk itu solusi yang tepat adalah pertama, membangun ketaqwaan individu dalam keluarga. Keluarga ideologis itu dibentuk melalui pondasi yang kuat yaitu aqidah Islam serta adanya visi dan misi yang sama antara suami dan istri tentang hakikat dan tujuan hidup dan berkeluarga dalam Islam. Memahami dengan benar fungsi dan kedudukannya,serta menjadikan Islam dan Syari’atnya sebagai solusi seluruh permasalahan, menumbuhsuburkan amar ma’ruf nahi munkar, menghiasi rumah dengan membaca AlQur’an, sedekah, dan amalan ibadah Sunnah lainnya.
Kedua membangun tanggung jawab masyarakat akan kepedulian dan amar ma’ruf dalam lingkungan masyarakat sehingga semuanya turut serta memelihara nilai nilai Islam dalam masyarakat.
Ketiga berjuang mewujudkan sistem Islam di tengah tengah kehidupan yakni Khilafah yang mampu menerapkan aturan Allah secara sempurna, sehingga kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga bukan lagi sebuah impian melainkan sebuah keniscayaan.
Sepakat bahwa harus ada upaya yang serius untuk menyadarkan masyarakat tentang penting dan wajibnya kita untuk kembali kepada sistem Islam, dan bersama-sama mewujudkannya kembali di tengah-tengah Umat agar kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga bisa segera kita rasakan.

Kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga dapat diraih tatkala seseorang mempunyai pasangan yang sholih/sholihah, terpenuhi kebutuhan hidup dengan layak, serta hidup dalam lingkungan yang baik. Namun di zaman sekarang ini untuk mencapai dambaan keluarga sejahtera dan bahagia sangat sulit. Tingginya tingkat perceraian, kenakalan remaja, atau pun pergaulan bebas dan sebagainya senyatanya bukan hanya karena kemiskinan.

Peduli dan merasa prihatin dengan kondisi keluarga dewasa ini. Seruan untuk mencampakkan sistem kapitalisme dan mengembalikan keluarga sesuai aturan Islam disambut positif.

Tingginya tingkat perceraian, kenakalan remaja, atau pun pergaulan bebas sejatinya bukan hanya karena kemiskinan. Semua malapetaka yang menimpa keluarga Muslim ini bermuara pada tidak dijadikannya hukum-hukum Islam sebagai pedoman dalam kehidupan berkeluarga. Khilafah Menjamin Kebahagiaan dan Kesejahteraan Keluarga. Kerapuhan keluarga akibat penerapan sistem kapitalis.

Khilafah Menjamin Kebahagiaan dan Kesejahteraan Keluarga. Sebagai pencerahan dan pelurusan opini yang menyatakan bahwa keluarga bahagia dan sejahtera adalah keluarga kecil dengan kebahagiaan materi dan duniawi. Kebahagiaan keluarga Muslim akan terwujud bila : (1). Dibangun berdasarkan iman yang kokoh dan ketaqwaan dalam rangka mencari ridho Allah SWT, (2). Saling menjaga hak dan kewajiban masing-masing anggota keluarga (3). Membangun tanggung jawab masyarakat dengan kepedulian dan amar makruf nahi munkar baik di tingkat masyarakat maupun terhadap penguasa dan (4). Membangun sistem Islam.

Kapitalisme gagal mewujudkan keluarga sejahtera. Fakta-fakta bagaimana rusaknya tatanan keluarga yang diakibatkan oleh sistem kapitalisme demokrasi. Politik ekonomi Islam. Sistem ekonomi Islam mampu mengatasi permasalahan ekonomi yang melanda dunia saat ini, karena sistem Islam merinci cara mendistribusikan kekayaan alam secara merata. Untuk bisa menerapkan sistem ekonomi Islam maka diperlukan politik ekonomi Islam yang tentu hanya bisa diterapkan dalam sistem politik Khilafah Islamiyah.

Masalah yang mengepung keluarga Muslim bukan hanya berasal dari satu individu atau sekelompok orang, tapi dari kekuatan global yaitu sistem kapitalis liberalis yang materialistik, maka untuk mewujudkan Kebahagiaan dan Kesejahteraan Keluarga harus melenyapkan sistem rusak tersebut dan menggantinya dengan sistem yang benar yang berasal dari Allah SWT. Dan Khilafah adalah satu-satunya model sistem pemerintahan cemerlang yang mampu mewujudkan dan menjamin Kebahagiaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Khilafah Menjamin Kebahagian dan Kesejahteraan Keluarga. Bagaimana sebenarnya jaminan kesejahteraan yang diberikan oleh Khilafah kepada keluarga. Jika kesejahteraan diwujudkan tentu kebahagiaan juga akan terasa.

Problem kemiskinan dan hancurnya nilai tatanan keluarga serta banyak lagi kekacauan yang ditimbulkan akibat sistem kapitalisme demokrasi membuat akademisi, organisasi Islam, aktivis mahasiswa, dan lainnya merasa gerah dengan keadaan yang ada. Mereka yakin gambaran indahnya keluarga yang menjadi dambaan setiap insan tidak terwujud dalam sistem kapitalis saat ini.

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam