Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Kamis, 26 Mei 2016

Gambaran Kaum Muslimin Tentang Kehidupan Islami Lemah



(6) Jauhnya jarak antara kaum muslimin dan pemahaman pemerintahan Islam, apalagi dalam bidang politik pemerintahan Islam dan politik ekonomi Islam.

Jarak ini membentuk gambaran kaum muslimin tentang kehidupan Islami menjadi lemah. Apalagi kaum muslimin telah hidup cukup lama dengan diwarnai buruknya penerapan Islam dalam kehidupan mereka oleh para penguasa. Mereka selama tiga kurun hidup dengan diperintah oleh musuh yang menerapkan sistem yang bertentangan dengan Islam dalam semua hal, baik dalam bidang politik pemerintahan maupun politik ekonomi dengan wajah khusus. Oleh karena itu, dakwah harus mengangkat manusia dari fakta yang buruk yang mereka sudah terlanjur hidup di dalamnya.

Mereka juga seharusnya menggambarkan kehidupan yang mereka harus hidup di dalamnya dan harus mengubah fakta kehidupan mereka dan mengubahnya pada gambaran kehidupan yang Islami.
Gambaran pengubahan kehidupan menuju kehidupan Islami harus dengan pengubahan yang total, bukan parsial.

Penerapan sistem Islam haruslah dipraktekkan secara revolusioner (sekaligus), bukan secara bertahap dengan parsial dan gradual. Gambaran ini harus diperjelas hingga mendekati gambaran fakta kehidupan yang pernah terjadi di masa kejayaan Islam.

(7) Adanya beberapa pemerintahan di negeri Muslim yang berdiri di atas dasar demokrasi, menerapkan sistem kapitalis terhadap semua bangsa, menjalin hubungan politik dengan negara-negara Barat, dan berdiri di atas prinsip federal dan teritorial (kewilayahan yang parsial dan berasaskan perbedaan ras).

Demikian ini menyebabkan perjuangan mewujudkan kehidupan yang Islami menjadi sulit karena kehidupan yang dikehendaki Islam tidak akan terwujud kecuali berupa kesatuan kaum Muslimin.

Islam tidak membolehkan menjadikan Negara Islam dalam negara-negara bangsa, tetapi harus menjadikannya satu negara Khilafah. Ini jelas menuntut universalitas dakwah, perjuangan total, dan penerapan yang menyeluruh.

Perjuangan ini jelas akan berhadapan dengan pemerintahan-pemerintahan yang menentang dakwah Islam, meski para penguasa berstatus muslim. Oleh karena itu, pengembanan dakwah harus diemban ke seluruh wilayah, meski harus menanggung kesulitan-kesulitan dan kendala-kendala yang berat yang muncul dari perlawanan pemerintahan-pemerintahan di negeri Muslim.

(8) Adanya opini umum tentang nasionalisme/ ashobiyah, kesukuan, sosialisme, dan pembentukan gerakan-gerakan politik yang berpijak pada asas nasionalisme, kesukuan, dan sosialisme.

Hegemoni Barat terhadap negeri Muslim, penyerahan kendali pemerintah pada Barat, dan penerapan sistem kapitalis di negeri Muslim membawa pengaruh pada jiwa umat sehingga mereka cenderung mempertahankan diri sebagai bangsa tertentu, yang pada gilirannya akan melahirkan sentimen nasionalisme/ ashobiyah yang akan membangkitkan paham sektarian yang membuat manusia cenderung mempertahankan diri, keluarga, dan kaumnya serta berjuang menjadikan pemerintahan untuk mereka saja.

Akibatnya, muncullah gerakan-gerakan politik dengan diatasnamakan nasionalisme. Gerakan ini diarahkan untuk mengusir musuh dari negara dan dengan atas nama kesukuan untuk membentuk pemerintah yang berpijak pada paham nasionalisme khusus untuk rumpun bangsa itu sendiri.

Kemudian muncul paham dan sistem kapitalis, di tengah manusia tersebar slogan-slogan sosialis, lalu terbentuklah kelompok-kelompok yang mengatasnamakan gerakan sosialis yang dimaksudkan untuk menutupi kekurangan kapitalisme. Gerakan-gerakan ini sebenarnya tidak memiliki gambaran apapun tentang sistem kehidupan kecuali gambaran tanpa persiapan yang akhirnya justru akan menjauhkan manusia dari mabda' (ideologi) Islam dan menjauhkan mereka dari Islam dengan sifat mabda' (ideologi)nya yang menyeluruh….

"Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhdap mereka supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu" (TQS. Al-Maaidah: 49).

Umat Islam yang telah dangkal pemikirannya dikalahkan dengan pemikiran-pemikiran yang tidak Islami yang bertentangan dengan pemikiran-pemikiran Islam, juga karena berdiri di atas asas yang sudah terkontaminasi dan pemahaman kehidupan yang salah.

Maka, pemikiran-pemikiran yang ditemukan menjadi tanah subur yang bebas dari perlawanan umat Islam dan posisinya semakin kokoh. Pemikiran-pemikiran kaum muslimin dipenuhi dengan pemikiran-pemikiran ini, apalagi para budayawannya.

Pemikiran politiknya sarat dengan ide-ide yang membebek, jauh dari kreativitas yang Islami, tidak disiapkan untuk menerima pemikiran politik yang Islami, dan tidak mengetahui bagaimana esensi pemikiran ini (ide kufur), khususnya dalam aspek politik.
Oleh karena itu, dakwah Islam harus menjadi dakwah yang mengarah pada Islam dan pada pembentukan kehidupan yang Islami.

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam