Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Kamis, 10 Oktober 2013

Apa peran perempuan dalam Khilafah

Apa peran perempuan dalam Khilafah




40. Apa peran perempuan dalam Khilafah?

Di sekeliling dunia hari ini, peran perempuan menjadi terbagi. Dua ujung telah berkembang di mana di satu sisi sebagian perempuan tertindas haknya dalam hal pernikahan, pendidikan, kepemilikan dan pekerjaan sementara di sisi lain sebagian perempuan dieksploitasi sisi seksualitasnya oleh para sekular liberal di balik topeng modernitas. Kedua situasi itu melanda di tanah-tanah Muslim karena infiltrasi budaya seksual Barat, ditambah dengan budaya kesukuan atau tradisi.

Dalam Khilafah, peran utama perempuan adalah bahwa dia ibu dan bertanggung jawab atas rumah tangganya dan dia adalah kehormatan yang harus dilindungi. Perempuan akan menempati kehormatan dan martabat karena sistem pendidikan dan peradilan memastikan perempuan percaya diri dan menjadi anggota aktif masyarakat dan mampu sepenuhnya menggunakan semua hak yang diberikan pada mereka oleh Islam, tanpa dipapar ke eksploitasi atau pengekangan.

Selain itu dia bisa berkontribusi apapun pada masyarakat dan juga didorong untuk menjadi anggota aktif masyarakat dalam semua ranah seperti pendidikan, politik maupun ekonomi. (Lebih rinci rujuk "Social System in Islam" Hizb ut-Tahrir)

41. Hak-hak apa yang diberikan Khilafah pada perempuan?

Al-Qur'an dan hadits telah jelas menggariskan hak-hak perempuan, yang telah tetap dan tidak bisa diubah, diamandemen atau direformasi, itu termasuk:
- hak mewarisi
- hak menggunakan nama keluarganya
- hak pemeliharaan dan pemenuhan kebutuhan
- hak memilih calon suami
- mendapat mahar
- hak berpolitik
- menduduki sejumlah posisi dalam negara
- mendapat pendidikan
- bekerja
- menjadi karyawati
- menjalankan bisnis
- ber-syirkah menginvestasikan kekayaannya

Semua hak itu menjadi tugas Khilafah untuk melindunginya.

42. Apakah perempuan dibolehkan bekerja di dalam Khilafah?

Perempuan dibolehkan bekerja di bidang apapun yang mereka pilih. Islam telah membolehkan perempuan mencari kerja, menjalankan bisnis, mempekerjakan orang dan berinvestasi. Para perempuan bisa memilih profesi apapun seperti insinyur, dokter, pekerja sosial, guru, aktivis politik dan ilmuwan, dsb. (Lebih rinci rujuk "Systems of Islam" Hizb ut-Tahrir)

44. Apakah laki-laki dan perempuan boleh bekerjasama?

Ya. Islam membolehkan laki-laki dan perempuan berinteraksi untuk tujuan perdagangan, bekerja dan jual-beli. (Lebih rinci rujuk 'Social system in Islam,' Hizb ut Tahrir)

44. Apakah perempuan dipaksa berhijab?

Khilafah hanya akan menerapkan apa yang pasti dari teks Islam. Persyaratan minimum menurut ayat Qur'an dan Ahadits bagi perempuan di kehidupan publik adalah bahwa seluruh tubuh harus tertutup dengan pengecualian wajah dan kedua tapak tangan. Lebih dari ini adalah pilihan bagi tiap individu, menjadi perbedaan pendapat di antara ulama dan perkara di mana individu dibebaskan untuk mengadopsi suatu pendapat. (Lebih rinci rujuk "Social System in Islam" Hizb ut Tahrir)

45. Apakah perempuan non-Muslim dipaksa berhijab?

Non-Muslim diperlakukan dalam hal makanan dan pakaian menurut agama mereka (dengan perincian tertentu). (Lihat 'the Introduction to the Constitution and the reasons which make it obligatory,' Article 7, d. Hizb ut-Tahrir)

46. Apa kebijakan pendidikan Khilafah?

Khilafah akan menyediakan pendidikan Islam yang mengkombinasikan sains dan spiritual, ideologi dan praktek. Khilafah akan berusaha mendidik rakyatnya dengan cara yang membangun individu menjadi utuh, yang siap berpartisipasi dalam semua area masyarakat. Langkah pertama untuk visi ini adalah penetapan kurikulum tunggal terpadu untuk diterapkan di seantero institusi pendidikan yang dikembangkan bebas dari interferensi kekuatan kolonial dan orang-orang yang tidak ahli.

Sasaran kebijakan pendidikan Khilafah adalah membangun Kepribadian Islam (aqliyah dan nafsiyah) dengan menanamkan Islam dalam hati dan pikiran siswa dan menyiapkan mereka (generasi masa depan) untuk menjadi ilmuwan, para ahli dalam semua bidang kehidupan (tsaqofah Islam dan iptek) sehingga mereka menjadi para Ulama dan ahli yang akan memimpin Umat untuk menjadi umat pemimpin. (Lebih rinci rujuk "The Khilafah's Education Policy" Khilafah.com)

47. Apakah Khilafah membolehkan pendidikan bagi perempuan?

Ya, perintah Islam untuk mendapat pengetahuan ditujukan bagi laki-laki dan perempuan. (Lebih rinci rujuk "The Khilafah's Education Policy" Khilafah.com)

48. Apakah laki-laki harus berjenggot?

Tidak. Ini adalah perkara yang menjadi perbedaan pendapat para ulama dan individu bebas mengadopsi salah satu pendapat bagi dirinya. (Lebih rinci rujuk "Islamic Personality Vol I" Hizb ut Tahrir)

49. Apakah Khilafah membolehkan media massa independen?

Ya. Media dalam semua bentuknya harus bebas terlibat dalam diskusi dan debat dalam semua perkara, di dalam ranah standar yang ditetapkan Islam. (Lebih rinci rujuk "The Institutions of State in the Khilafah" Hizb ut Tahrir)

50. Bagaimana nasib film dan hiburan dalam Khilafah?

Film dan hiburan dibolehkan dalam Islam, isinyalah yang harus diatur. Semua bentuk media dan hiburan harus menaati aturan Islam. Elit politik saat ini di seantero dunia Muslim, nantinya harus belajar menjalani hidup tanpa prostitusi, perjudian dan meja minuman keras. (Lebih rinci rujuk "Systems of Islam" Hizb ut Tahrir)

51. Apakah seni dilarang?

Seni dan budaya menunjukkan tingkat intelektual dan arah ideologi masyarakat. Oleh karena itu, mereka sangatlah penting dalam meneguhkan negara yang sadar dan percaya diri. Mereka adalah alat penting dalam membantu menciptakan kesadaran akan identitas dan persatuan di antara rakyat, sementara itu juga menyebarkan visi ke luar negeri. Maka seni akan diberi perhatian khusus oleh Khilafah dan didukung dengan bermacam cara, namun karena potensi area semacam ini, perhatian penuh akan diberikan untuk memastikan bahwa semua karya sesuai dengan aturan Islam. (Lebih rinci rujuk "The Khilafah's Education Policy" Khilafah.com)

52. Akankah Khilafah berpartisipasi dalam kancah olahraga internasional semacam Olympics?

Olahraga dibolehkan dalam Islam dan oleh karenanya mengikuti kancah olahraga internasional dibolehkan. Mengirim tim untuk berpartisipasi mewakili Khilafah dipertimbangkan berdasar prioritas negara. (dengan mengikuti Syari'ah yang rinci termasuk dalam hal kebijakan luar negeri)

53. Apakah Khilafah akan melarang internet?

Tidak. Islam tidak melawan kemajuan sains dan teknologi. Sejarah Khilafah telah menunjukkan kaum Muslim selalu terdepan dalam teknologi dan sains. Khilafah tidak hanya akan menggunakan internet tapi juga semua perkembangan teknologi. (Lebih lanjut lihat 'Islam in the 21st century,' Khilafah.com)

Apa peran perempuan dalam Khilafah

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam