Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Selasa, 15 Oktober 2013

Bagaimana Khilafah menggerakkan perekonomian tanpa bunga

Bagaimana Khilafah menggerakkan perekonomian tanpa bunga




67. Bagaimana Khilafah menyediakan lapangan kerja?

Saat ini hampir semua tanah Muslim memiliki perekonomian yang tidak dibangun atas keunggulannya. Kebanyakan perekonomian mereka timpang di mana mereka bergantung pada sejumlah sumberdaya fossil atau pada sektor jasa. Dalam banyak kasus mayoritas penduduk bekerja di sektor yang memainkan peran kecil dalam menggerakkan perekonomian. (Lebih lanjut lihat, 'Dilemmas of the Arab Spring,' Khilafah.com)

Karena garis-garis batas di tanah Muslim adalah buatan, diciptakan oleh para kolonialis yang militernya telah hengkang, Khilafah akan memandang masalah ekonomi di berbagai kawasannya sebagai masalah ekonominya dan bukan semata masalahnya orang Suriah, Pakistan atau Mesir. Melalui terintegrasinya perekonomian di dunia Muslim, terjadinya pengulangan kerja yang tak perlu bisa dihindari. Perekonomian Afrika Utara kaya dalam pertanian, sementara perekonomian Hijaz kaya dalam minyak bumi. Khilafah akan segera melakukan industrialisasi dan mengusahakan swasembada. Ini akan memerlukan pembangunan infrastruktur dan industri berat, kebijakan demikian akan menciptakan jutaan pekerjaan dan mengatasi situasi pengangguran di kawasan. Itu juga akan mengentaskan rakyat dari kemiskinan dan memungkinkan kawasan menggunakan pendapatannya, sehingga mendorong perekonomian lebih lanjut. (Lebih lanjut lihat, 'Constructing an Industrialised Muslim World,' Khilafah.com)

Mengembangkan industri pertahanan juga akan menciptakan pekerjaan dan memungkinkan Khilafah mengamankan perbatasannya. Ini karena industri pertahanan akan dirinci menjadi rantai suplai yang akan mengubah banyak daerah menjadi jalur produksi bagi kompleks pabrik-Industri. Ini akan menciptakan pekerjaan, kontrak-kontrak dan uang ke dalam setiap area Khilafah dan di waktu yang sama berkontribusi pada sasaran keseluruhan yang mencitrakan kekuatan dan pencegahan. (Lebih rinci lihat "Dilemmas of the Arab Spring," Khilafah.com)

68. Bagaimana Khilafah menangani inflasi?

Para penguasa di tanah-tanah Muslim saat ini bertanggung jawab atas tingkat inflasi. Karena mismanajemen luar biasa mereka atas perekonomian, ketika berhadapan dengan kemiskinan dan perlunya membayar utang dalam dan luar negeri, satu-satunya yang para penguasa di tanah Muslim ketahui adalah mencetak uang. Hal ini juga terjadi bahkan di negeri-negeri yang biasanya mengalami surplus milyaran. Ini adalah penyebab utama inflasi buatan di dunia Muslim. Pencetakan uang yang timpang dengan pertumbuhan ekonomi menurunkan nilai mata uang. Karena mata uang yang beredar hanya terbuat dari kertas, para pemerintah mampu mencetak seenaknya. Khilafah akan mengganti mata uang kertas lembek ini dengan standar bimetal emas dan perak, yang akan memastikan bahwa jumlah uang yang beredar benar-benar berbasis emas dan perak. Ini akan mencegah siapapun dari menyalakan printer untuk mencetak lebih banyak kertas uang, sehingga mencegah devaluasi mata uang dan mengurung peningkatan tajam harga-harga dalam perekonomian. (Lebih rinci rujuk "The Global Financial Crises: The self-destruction of global capitalism and an introduction to the alternative Islamic economic model" Hizb ut-Tahrir Britain)

69. Bagaimana Khilafah menggerakkan perekonomian tanpa bunga?

Konsep bunga/riba adalah sebuah alat yang digunakan pemerintah untuk mengendalikan suplai uang dalam perekonomian dan untuk menghasilkan keuntungan komersial dengan menganggap uang itu sendiri sebagai komoditas. Khilafah diberi mandat untuk menerapkan standar bimetal emas dan perak, yang menghilangkan kemampuan negara untuk mengubah nilai mata uang. Ini menghilangkan peran bunga di tingkat negara dan meneguhkan lingkungan yang kondusif bagi bisnis dengan stabilnya mata uang. Lebih lanjut, bunga dalam industri komersial bertindak sebagai penghambat bagi distribusi kekayaan. Ini karena para investor ketika berhadapan dengan kemungkinan mendapatkan bunga bank maka akan banyak mengambil kesempatan itu daripada menggunakannya untuk usaha bisnis yang pasti ada risikonya. Padahal usaha bisnis akan menciptakan pekerjaan. Maka penghapusan bunga akan meningkatkan aktivitas ekonomi, sebaliknya bunga meningkatkan aktivitas ekonomi minoritas orang. (Lebih rinci rujuk "The Quest for Economic Progress - An Islamic Blueprint for Pakistan" Hizb ut-Tahrir Britain) Selain itu, perekonomian terbesar di dunia saat ini tingkat bunganya menjadi nol persen karena krisis keuangan. Perekonomian tanpa tingkat bunga tidaklah mustahil sebagaimana yang disangka sebagian orang. (Lebih rinci lihat 'The global credit crunch and the crises of Capitalism,' Khilafah.com)

70. Bagaimana Khilafah menghasilkan pendapatan?

Saat ini struktur pajak di tanah-tanah Muslim didasarkan pada model barat, yang telah mengakibatkan ketergantungan pada pajak-pajak konsumsi karena pajak penghasilan semakin sulit dipungut. Para pemerintah di seputar dunia Muslim telah ditekan oleh IMF dan World Bank untuk mengembangkan pajak tak langsung semacam pajak penjualan, pajak bisnis berjalan, dan tarif. Pajak-pajak semacam itu berdampak pada harga-harga domestik karena nilai pajak itu ditambahkan pada harga barang dan jasa sehingga menaikkan harga (pajak ditanggung konsumen).

Islam memiliki aturan yang jauh berbeda mengenai pungutan oleh negara. Bukannya memajaki pendapatan, kebijakan fiskal Islami pungutannya berfokus pada harta kekayaan - yaitu uang menganggur, tanah dan manfaat (masing-masing memiliki rincian tertentu bagi ditariknya pungutan). Islam memiliki beberapa pungutan terkait pengelolaan dan penggunaan tanah. Islam menentukan sangat sedikit pungutan, oleh karenanya sistem pungutan negara bukanlah beban pikiran rumit sebagaimana di Barat di mana penghasilan seseorang dipajaki, pengeluaran dipajaki dan tabungan dipajaki. (Lebih lanjut lihat 'The quest for progress, an Islamic blueprint for Pakistan,' Hizb ut-Tahrir Britain)
Bagaimana Khilafah menggerakkan perekonomian tanpa bunga

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam