Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Rabu, 09 Oktober 2013

5 Benda yang Khilafah Berikan Pada Dunia



5 Benda yang Khilafah Berikan Pada Dunia



Dunia Muslim telah terpuruk tidak hanya secara intelektual namun juga dalam hal penemuan ilmiah, penelitian dan pembangunan.

Namun itu tidaklah sejak dahulu. Selama era Khilafah dunia Muslim memimpin dunia dalam kemajuan akademik, intelektual, dan ekonomi sebagaimana diakui oleh The Economist - edisi Millenium. Berikut ini kami menampilkan 5 kemajuan yang dibangun di era Khilafah.

1. UNIVERSITAS
Asal-usul gelar doktor berasal dari ijazat attadris wa 'I-iffttd (izin mengajar dan mengeluarkan pendapat hukum) di Madrasah-Madrasah yang mengajarkan hukum Islam di seantero tanah Islam. Universitas Al Karaouine di Fez, Maroko adalah universitas tertua di dunia yang memberikan gelar. Didirikan tahun 859 ia adalah universitas pertama yang menghasilkan para diploma.

Universitas Al-Azhar, didirikan di Kairo, Mesir pada 975, menawarkan beragam kualifikasi akademik termasuk derajat pasca-sarjana dan dianggap universitas lengkap pertama.

2. RUMAH SAKIT
Rumah sakit pertama yang dikenal di dunia Islam dibangun di Damaskus pada tahun 706 oleh seorang Khalifah Umayyah, Al-Walid.

Di masa itu kebanyakan rumah sakit Islami punya para dokter yang mendiagnosis dan merawat semua pasien, tapi rumah sakit Bimaristan unik bahwa ia punya para dokter yang berspesialisasi pada penyakit-penyakit tertentu. Asalnya, pusat-pusat kesehatan ini secara khusus adalah untuk para pasien dengan kondisi-kondisi khusus seperti wabah mematikan dan kebutaan, dan semua jasanya gratis.

Rumah sakit terbesar di masa Abad pertengahan dibangun di Kairo, Mesir, oleh Sultan Qalaun al-Mansur di 1285. Rumah sakit ini punya bilik-bilik terpisah untuk beragam penyakit dan untuk pemulihan dan punya laboratorium, apotek, klinik umum, dapur, kamar mandi, perpustakaan dan aula pengajaran.

3. UANG PENSIUN
Pada tahun 700 sebuah administrasi untuk pensiun dibangun oleh Khalifah Umar bin Khattab, yang merupakan pertama kalinya dan bermulanya sistem pensiun. Melalui berbagai pungutan yang sah menurut Islam, uang didistribusikan kepada yang sakit dan miskin dan mereka yang telah melampaui usia kerja. Dampaknya adalah terstimulasinya perekonomian karena kekayaan terdistribusi secara luas.

4. PARASUT
Di abad ke-9, Ibnu Firnas menemukan versi primitif dari parasut, dia melompat dari menara masjid Mezquita di Cordoba menggunakan jubah mirip sayap sebagai penghambat gerak jatuh - dia mendarat dengan cidera kecil saat awal tes penerbangannya.

Parasut hari ini dibangun dari desain dan eksperimen di masa lalu. Ibnu Firnas dari Spanyol Islam menemukan, membangun dan menguji parasut di tahun 800-an.

Roger Bacon mempelajari cara terbang dari referensi-referensi yang mengutip karya-karya Ibnu Firnas. Temuan Bacon 500 tahun setelah Ibnu Firnas dan temuan Da Vinci sekitar 700 tahun setelahnya. Percobaan awal parasut Ibnu Firnas menjadi pondasi bagi pembuatan parasut yang lebih sempurna dibuat dari kain linen yang terbentang seluas kerangka kayu.

5. MESIN
Karya Al-Jazari di abad ke-12 ketika ia menemukan tuas berbusur, dan menciptakan gerak rotor melalui penggunaan batang dan silinder mengawali pengembangan mesin berbahan bakar. Dialah yang melibatkan hal ini pada sebuah mesin. Mesin berbahan bakar mengawali pengembangan otomotif di mana pembakaran bahan bakar dalam sebuah mesin pada piston-piston menyebabkan gerakan bagian-bagian lain yang akhirnya menggerakkan mobil.


5 Benda yang Khilafah Berikan Pada Dunia

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam