Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Sabtu, 02 April 2016

Memberi Dukungan Pada Guru

Saran bagi manajemen untuk memberi dukungan pada guru


Memiliki kepala yang suportif bisa membuat banyak sekali peningkatan bagi guru. Para guru ingin tahu bahwa pimpinan mereka punya kepedulian tinggi. Salah satu tugas utama kepala adalah menyediakan dukungan bagi guru. Hubungan antara pemimpin dan guru harus dibangun atas pondasi kepercayaan. Jenis hubungan ini perlu waktu untuk dibangun.

Hal terburuk yang bisa dilakukan kepala baru adalah masuk dan membuat banyak perubahan. Ini pasti akan mengubah sekelompok guru untuk cepat melawan pemimpin. Kepala yang cerdas awalnya akan membuat perubahan-perubahan kecil, memungkinkan cukup waktu bagi para guru untuk mengenal, dan kemudian bertahap membuat perubahan-perubahan lebih besar, lebih berarti selama suatu waktu. Di sini, kita mengamati sepuluh saran untuk mendapatkan kepercayaan guru dan akhirnya menyediakan bagi mereka dukungan yang bisa diandalkan.

Sediakan waktu untuk kolaborasi antar guru


Para guru harus diberi waktu untuk bekerja bersama. Kolaborasi ini akan memperkuat hubungan di antara guru, menyediakan para guru yang baru ataupun yang kesulitan dengan sebuah sarana untuk mendapat pemahaman berharga dan nasihat, dan memungkinkan para guru berbagi pengalaman dan kisah sukses mereka.

Pemimpin menjadi kekuatan pendorong bagi kolaborasi ini. Mereka yang melakukan penjadwalan untuk kolaborasi dan menentukan agenda-agenda untuk itu. Para kepala yang menolak pentingnya kolaborasi para guru berarti berpandangan pendek.

Tanyai mereka/ minta saran mereka


Pemimpin adalah pembuat keputusan utama di gedungnya. Ini bukan berarti bahwa para guru tidak perlu dilibatkan dalam pembuatan keputusan. Meski seorang kepala adalah yang menentukan keputusan final, para guru harus diberi sarana untuk menyatakan perasaannya atau menyediakan masukan bagi pemimpin, khususnya ketika urusannya berdampak langsung pada para guru. Seorang kepala harus menggunakan sumberdaya yang dimiliki ketika membuat keputusan. Para guru punya ide-ide brilian. Dengan meminta saran mereka, mungkin mereka mempertanyakan logikamu dalam suatu urusan, mungkin menegaskan bahwa kamu ada di jalan yang tepat. Kedua hal itu tidak masalah dalam hal pembuatan keputusan.

Dukung mereka


Para guru juga manusia, dan semua orang melalui masa-masa sulit baik dalam hal pekerjaan maupun personal di satu waktu dalam hidup mereka. Ketika seorang guru mengalami masa sulit secara personal (kematian, sakit, dll.), seorang kepala harus memberi mereka dukungan 100% di setiap waktu. Seorang guru yang mengalami kesulitan pribadi akan menghargai dukungan yang ditunjukkan oleh pemimpin mereka dalam masa ini. Kadang berbentuk menanyakan kabar mereka dan kadang perlu memberi mereka libur beberapa hari.

Dalam hal profesi kamu mau mendukung guru selama kamu percaya bahwa mereka efektif, etis dan melakukan pekerjaan mereka sesuai aturan. Ada situasi-situasi di mana kamu benar-benar tidak bisa mendukung mereka karena keputusan mereka dzalim. Dalam hal ini, jangan lemah. Tegas kepada mereka dan beritahu bahwa mereka mengacau, dan tidak ada jalan bagimu untuk mendukung mereka.

Jadilah konsisten


Para guru benci ketika para kepala tidak konsisten khususnya ketika berurusan dengan disiplin siswa atau urusan orangtua. Seorang kepala harus selalu berusaha adil dan konsisten dengan keputusannya. Para guru mungkin tidak selalu setuju dengan caramu menangani situasi, tapi jika kamu membuat pola konsisten, maka mereka tidak akan terlalu banyak komplain. Contohnya, jika guru kelas 3 mengirim siswa ke kantor karena bandel di kelas, cek catatan kelakuan siswa untuk melihat bagaimana kamu menangani urusan yang sama di masa lalu. Kamu tidak mau ada guru yang merasa kamu pilih-pilih.

Lakukan evaluasi hal-hal penting


Evaluasi guru dimaksudkan menjadi alat yang menunjukkan situasi guru dan untuk menggerakkan mereka ke arah yang memaksimalkan keefektifan mereka. Mengadakan evaluasi memerlukan banyak waktu dan waktu bukanlah sesuatu yang banyak dimiliki kepala, maka banyak kepala menolak memanfaatkan semaksimal mungkin dari evaluasi guru. Untuk menyediakan dukungan guru yang efektif, ada masa-masa di mana kamu harus kritis. Tidak ada guru yang sempurna. Selalu ada ruang untuk peningkatan di beberapa area. Evaluasi memungkinkan kamu mendapat kesempatan untuk kritis dan memberi apresiasi. Keseimbangan di antara keduanya. Evaluasi memuaskan tidak bisa diberikan hanya dari satu kunjungan ke kelas. Ini merupakan kolaborasi informasi yang dikumpulkan dari banyak kunjungan hingga menghasilkan evaluasi yang paling tepat.

Buat jadwal yang ramah guru


Para kepala biasanya bertanggung jawab membuat jadwal harian. Ini termasuk jadwal kelas, periode perencanaan guru, dan tugas. Jika kamu mau mebuat guru bahagia, minimalkan waktu yang mereka perlukan dalam tugas. Para guru punya tugas-tugas segala jenis baik tugas makan siang, tugas reses, tugas bus, dll. Jika kamu bisa menentukan cara membuat jadwal di mana mereka hanya punya beberapa tugas dalam sebulan, guru-guru akan suka padamu.

Dorong mereka untuk membawa masalah-masalah padamu


Miliki kebijakan pintu terbuka. Hubungan antara kepala dan guru haruslah cukup kuat sehingga mereka membawa problem atau perkara dan percaya bahwa kamu akan berusaha yang terbaik untuk membantu mereka secara rahasia. Seringkali kamu akan mendapati bahwa guru hanya perlu seseorang untuk menyalurkan frustasi mereka, jadi menjadi pendengar yang baik seringkali sudah cukup. Di lain waktu kamu akan perlu memberitahu guru bahwa kamu perlu beberapa waktu untuk memikirkan masalahnya dan kemudian kembali kepada mereka dengan saran. Usahakan tidak memaksakan pendapatmu pada guru. Beri mereka pilihan dan jelaskan duduk perkaranya. Beritahu mereka keputusan yang kamu buat dan alasannya. Pahami bahwa setiap situasi yang dibawa kepadamu itu unik dan bagaimana kamu menangani situasi itu bergantung pada situasi itu sendiri.

Kenali mereka


Ada garis tipis antara mengenal guru dan menjadi sahabat. Sebagai pemimpin, kamu mau membangun hubungan saling percaya tanpa menjadi terlalu dekat hingga mengganggu ketika kamu harus membuat keputusan yang sulit. Kamu mau membangun hubungan seimbang antara personal dan profesional. Ketahui keluarganya, hobinya, dan lain hal. Ini akan memungkinkan mereka tahu bahwa kamu peduli pada mereka sebagai manusia bukan hanya sebagai guru.

Berikan saran, arahan, atau pendampingan


Semua kepala harus terus memberi para guru saran, arahan, atau pendampingan. Ini khususnya lebih diperlukan bagi para guru pemula, namun juga diperlukan bagi para guru berpengalaman. Pemimpin adalah instruktur dan menyediakan saran, arahan, atau asistensi adalah tugas utama pemimpin. Ini bisa dilakukan dalam berbagai cara. Kadang seorang kepala bisa memberi guru nasihat verbal. Di waktu lain mereka mungkin mau menunjukkan pada guru contoh guru lain yang kekuatannya ada di area yang diperlukan. Menyediakan bagi guru buku-buku dan sumber-sumber rujukan adalah cara lain untuk memberi saran, arahan, atau asistensi.

Sediakan pengembangan kemampuan yang nyata


Semua guru diperlukan untuk berpartisipasi dalam pengembangan kemampuan. Namun demikian, para guru ingin kesempatan pengembangan ini bisa diterapkan dalam situasi mereka. Tidak ada guru yang mau duduk delapan jam berturut-turut dalam pengembangan kemampuan yang tidak secara langsung dengan kegiatan belajar-mengajar atau mereka tidak akan menggunakannya. Pilih kesempatan pengembangan kemampuan yang akan bermanfaat bagi para guru, bukan hanya bagi guru yang berkemampuan rendah. Para guru akan lebih menghargaimu, dan sekolahmu akan menjadi lebih baik dalam jangka panjang karena guru-guru mempelajari kemampuan baru yang bisa mereka terapkan dalam keseharian mereka.
bacaan: about.com

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam