Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Minggu, 01 Juli 2018

Nabi SAW Tak Kenal Lelah Mencari Nushrah


Oleh: K.H. Hafidz Abdurrahman

Setelah Rasulullah SAW mengalami ujian yang luar biasa beratnya di Thaif, sebagaimana yang disampaikan Nabi kepada 'Aisyah, ketika dakwahnya mendapatkan kemenangan, dan telah memiliki negara.

Tanya 'Aisyah, ”Apakah ada suatu yang lebih berat bagimu, ya Rasulullah, melebihi peristiwa Perang Uhud?” Nabi SAW pun menjawab, "Aku benar-benar telah mendapatkan dari kaummu, apa yang telah aku alami. Itu lebih berat, ketimbang apa yang pernah aku alami. Ketika aku menawarkan diriku kepada putra ‘Abdi Yalil bin 'Abdi Kulal, salah seorang pemuka Thaif, namun tidak mau memenuhi apa yang aku inginkan. Aku pun pergi meninggalkannya dengan raut wajah penuh kesedihan. Aku pun merasakan kesedihan hingga sampai di Qarn at-Ta'alib [Qarnu al-Manazil].” [Lihat: Ibn Hajar, Fath al-Bari, Juz VI/312-315]

Setelah mendapatkan bisyarah dari langit, saat di Wadi Nakhlah, ketika Allah mengirim Malaikat Jibril dan malaikat penunggu gunung untuk membalas perlakuan Bani Tsaqif di Thaif, dan jin-jin yang berdatangan mendengarkan bacaan Nabi SAW saat di lembah itu, Nabi SAW akhirnya kembali ke Makkah dengan perlindungan dari Muth'im bin 'Adi. Peristiwa Thaif tidak menyurutkan nyali Nabi SAW untuk terus berusaha mencari dukungan [nushrah] dari suku dan kabilah lain.

Imam az-Zuhri menuturkan bahwa kabilah dan suku yang pernah didatangi oleh Rasulullah SAW untuk didakwahi, diajak memeluk Islam dan memberikan ”nushrah” untuk menolong dakwahnya adalah Bani 'Amir bin Sha'sha'ah, Bani Muharib bin Khashfah, Bani Fazarah, Bani Ghassan, Bani Murrah, Bani Hanifah, Bani Sulaim, Bani 'Abas, Bani Nashr, Bani Buka', Bani Kindah, Bani Kalb, Bani al-Harits bin Ka’ab, Bani 'Udzrah, Bani Hadharimah, namun tak seorangpun dari mereka yang bersedia memenuhi seruannya. [Lihat: Syaikh 'Abdullah an-Najadi, Mukhtashar Sirah ar-Rasul, hal. 149]

Hanya saja, kabilah dan suku yang disebutkan oleh az-Zuhri ini tidak semuanya didatangi oleh Nabi SAW pada satu tahun yang sama. Juga tidak pada satu musim haji yang sama, melainkan sudah didatangi sejak tahun ke-4 kenabian, hingga akhir musim haji, sebelum hijrah ke Madinah. Memang, ada kabilah-kabilah tersebut yang bisa dipastikan telah didatangi oleh Nabi SAW pada tahun ke-10 kenabian, sebagaimana yang disebutkan oleh al-'Allamah al-Manshur Fauri [Lihat: Rahmatu li al-‘Alamin, Juz I/74; an-Najib Abadi, Tarikh Islam, Juz I/125].

Mengenai respon berbagai suku dan kabilah yang pernah didatangi oleh Nabi SAW itu telah diuraikan oleh Ibnu Ishaq secara singkat, sebagai berikut:

1.            Bani Kalb, misalnya, telah didatangi Nabi SAW. Salah satu suku yang didatangi adalah Bani 'Abdullah. Mereka diajak Nabi SAW agar mengimani Allah, dan baginda SAW menawarkan dirinya kepada mereka. Sampai Nabi SAW harus menyampaikan kepada mereka, "Wahai Bani 'Abdullah, sesungguhnya Allah SWT telah memilih nama terbaik untuk orangtua kalian. Namun, mereka tetap tidak menerima apa yang baginda SAW sampaikan kepada mereka.

2.            Bani Hanifah telah didatangi oleh Nabi SAW di rumah-rumah mereka. Mereka telah diajak oleh Nabi SAW untuk mengimani Allah, Nabi SAW juga menawarkan dirinya kepada mereka, tetapi mereka tidak memenuhi seruannya. Bahkan, tak ada satupun bangsa Arab yang lebih buruk penolakannya kepada Nabi SAW melebihi penolakan mereka.

3.            Bani 'Amir bin Sha'sha'ah juga telah didatangi oleh Nabi SAW. Mereka telah diajak oleh Nabi SAW untuk mengimani Allah, Nabi SAW juga menawarkan dirinya kepada mereka. Buhairah bin Firas, salah seorang tokoh mereka, menyatakan kepada Nabi SAW, “Demi Allah, kalau sampai aku mengambil pemuda Quraisy ini, maka dengannya aku akan menguasai bangsa Arab." Lalu, dia bertanya, "Bagaimana menurutmu, jika kami membaiat kamu dalam urusanmu, kemudian Allah memenangkan kamu terhadap siapa saja yang menentangmu, apakah kami berhak untuk mendapatkan urusan ini setelahmu?" Nabi SAW menjawab, "Urusan ini urusan Allah. Dia akan memberikannya kepada siapa saja yang Dia kehendaki.” Buhairah kemudian menimpalinya, ”Bagaimana nalarnya, kami menyerahkan leher kami untuk disembelih bangsa Arab dalam rangka membelamu, lalu ketika Allah memenangkan kamu, kemudian urusan ini tidak menjadi milik kami? Kalau begitu, kami tidak membutuhkan urusanmu," Mereka pun menolaknya, dan mengusir baginda SAW.

4.            Bani Kindah, didatangi oleh Nabi SAW di rumah-rumah mereka. Di antara mereka ada pemuka suku, yang bernama Malih. Mereka diajak oleh Nabi SAW untuk mengimani Allah, Nabi SAW juga menawarkan dirinya kepada mereka. Namun, sayang mereka tidak mau menerima ajakan Nabi SAW.
Dalam riwayat lain, Nabi bertanya, "Dari manakah kaum itu?” Mereka menjawab, “Dari penduduk Yaman.” Nabi SAW bertanya, ”Yaman mana?" Mereka menjawab, ”Dari Kindah." Nabi SAW bertanya lagi, ”Dari Kindah yang mana?” Mereka menjawab, ”Dari Bani 'Amir bin Mu'awiyah.” Nabi SAW bertanya, "Apakah kalian memiliki sesuatu [untuk mewujudkan] kebaikan?" Mereka bertanya, “Apa itu?” Nabi SAW menjawab, “Kalian bersaksi, bahwa tidak ada Dzat yang berhak disembah, kecuali Allah. Mendirikan shalat, dan mengimani apa yang dibawa dari Allah SWT.”
Ada juga para syaikh kaumnya, yang bertanya kepada Nabi SAW, "Jika kamu menang, apakah engkau akan menjadikan kekuasaan itu menjadi milik kami?” Nabi SAW menjawab, "Sesungguhnya kekuasaan itu milik Allah, Dia akan berikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki.” Mereka mengatakan, "Kalau begitu, kami tidak membutuhkan apa yang Engkau bawa kepada kami."

Nabi SAW juga mendatangi Bani Hamdan, saat musim haji, ketika mereka di Arafah, tempat wukuf. Nabi SAW sampaikan kepada mereka, "Apakah ada di antara kalian yang bisa membawaku kepada kaumnya? Karena kaum Quraisy telah menghalangiku untuk menyampaikan firman Tuhanku 'Azza wa Jalla?” Maka, seseorang dari Bani Hamdan mendatangi baginda SAW. Baginda SAW bertanya, ”Dari manakah kamu?" Orang itu menjawab, "Dari Hamdan." Nabi SAW bertanya, "Apakah kaummu mempunyai kekuatan [untuk melindungi dakwah]?" Dia menjawab, ”Tentu.” Tapi, orang ini khawatir, baginda SAW akan disepelekan oleh kaumnya. Nabi SAW pun bersabda kepadanya, "Aku akan mendatangi mereka tahun depan. Aku akan mendatangimu tahun depan." Dia menjawab, ”Baik.” Dia pun meninggalkan Nabi SAW.

Pada bulan Rajab, delegasi kaum Anshar pun tiba. Ini telah diriwayatkan oleh empat pemilik kitab Sunan, dari berbagai jalur. At-Tirmidzi berkomentar, ”Hadits ini statusnya hasan shahih." [Lihat, Ibn Katsir, al-Bidayah wa an-Nihayah, Juz I/430]

Pendek kata, nushrah yang diharapkan oleh Nabi SAW saat itu belum kunjung tiba. Justru sebaliknya, apa yang dialami oleh Nabi SAW menggambarkan sebaliknya. Tetapi, Nabi SAW tidak pernah putus asa. Bahkan, ketika Nabi SAW mendatangi suku dan kabilah yang datang haji, di Arafah, saat mereka wukuf, selalu dikuntit oleh Abu Lahab. Apa yang disampaikan oleh Nabi kepada mereka selalu dimentahkan dan diserang balik.

Semua peristiwa itu disaksikan oleh 'Ali dan Abu Bakar yang menemani Nabi SAW saat mengontak mereka di Arafah. Begitulah perjuangan Nabi. SAW dalam mendapatkan nushrah, penuh liku, tidak mudah, dan melelahkan.[]

Sumber: Tabloid Media Umat edisi 216

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam