Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Sabtu, 01 April 2017

Bunuh Diri Remaja Meningkat, Mengapa?


Kematian remaja telah meningkat banyak selama sepuluh tahun terakhir, di Kanada bagian sebesar 38% lebih dari kematian remaja adalah remaja perempuan. Menurut laporan WHO 2014, di Amerika Serikat, angka bunuh diri melampaui angka kematian-karena-melahirkan sebagai penyebab utama kematian remaja perempuan usia 15-19 di negara berkembang.

Jumlah pemuda yang menderita masalah psikis dan didiagnosis mempunyai penyakit mental atau kelainan kepribadian sedang tumbuh di antara masyarakat Barat. Banyak anak muda itu yang juga menderita pikiran-pikiran ingin bunuh diri. Ketika melihat data statistik, tampak bahwa para remaja itu banyak juga yang akhirnya melakukan bunuh diri.

Tiap ideologi punya arti tersendiri bagi kebahagiaan dan bagaimana mencapainya. Masyarakat akan mempengaruhi individu-individu dalam hal ini dan akan memfasilitasi mereka untuk mengejar kebahagiaan.

Masyarakat Barat didasarkan pada ideologi kapitalisme yang merupakan ideologi kepuasan duniawi yang menetapkan pengejaran kenikmatan duniawi sebagai tujuan utama hidup. Dia memandang bahwa mendapatkan kekayaan dan kemewahan adalah sumber utama kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup. Juga apa yang disebut sebagai kebebasan liberal mengajari remaja sejak usia kecil bahwa tujuan utama hidup ini adalah untuk mendapatkan kenikmatan sebesar-besarnya dan kebahagiaan mereka sendiri akan menentukan perilakunya.

Lalu mengapa ada banyak pemuda yang mengalami perasaan merana, kecemasan, dan secara umum merasa putus asa yang sangat parah hingga mereka akhirnya bunuh diri? Dan apakah masyarakat mampu memberi para remaja itu jawaban ketika para remaja tidak merasakan kebahagiaan di mana semestinya merasa bahagia dengan harta benda?

Usaha pertama yang kita lihat di masyarakat Barat untuk menolong para pemuda adalah memberikan pertolongan psikologis. Dalam terapi-terapinya para pemuda dipandu untuk fokus pada aspek positif dari hidup mereka dengan berupaya mengubah cara pandang mereka terhadap lingkungannya. Mereka bertujuan menciptakan sasaran-sasaran baru di mana para pemuda bisa fokusi, sasaran yang bisa membantu para remaja itu untuk melangkah positif. Tapi bagaimana jika upaya mencari tujuan itu menjadi hampir mustahil karena akidah kepuasan duniawi terus berulang dan tidak dapat mereka mencapainya dalam kenyataan kehidupan? Apa yang terjadi pada mereka yang tidak bisa mendapatkan kepuasan duniawi? Dan apa yang akan dikatakan masyarakat kepada mereka yang telah memiliki banyak harta dan sarana kesenangan tapi tetap tidak bahagia? Apa yang terjadi pada para remaja yang tidak bahagia sementara mereka meyakini bahwa hidup mereka akan berakhir dan tak akan ada surga dan neraka? Apa yang akan masyarakat kapitalisme suapkan pada mereka?

Ketika merujuk pada pandangan Islam tentang kebahagiaan, kita melihat bahwa tujuan hidup menurut Islam adalah mencari keridhoan Allah. Dengan mencari keridhoan Allah maka muslim akan mendapatkan kebahagiaan.

Masyarakat Islam juga bertujuan untuk menghasilkan mentalitas di antara individu yang akan mencari keridhoan Allah secara bersama-sama. Kesulitan bisa ada di hadapan siapapun tapi mereka sadar bahwa mereka harus menanganinya dengan cara yang diridhoi Allah. Ketika menangani kesulitan, mereka sadar bahwa itu mendapatkan pahala dari Allah dan merasa bahagia dengannya, sekaligus semakin meningkatkan derajat mereka di hadapan Allah.

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (TQS. al-Baqarah:155)

Dan mereka akan bisa mendudukkan segala perkara dengan benar.

"Sungguh  tidak satu duripun mengenai seorang Mukmin atau yang lebih besar dari itu, kecuali dengan itu dihapuskan satu dosa/kesalahan dari dirinya dan ia diangkat satu derajat" (HR. Ahmad, Ibn Hibban, al-Baihaqi dan adz-Dzahabi).

Islam memberi para pemudanya mekanisme komprehensif untuk bisa menangani tiap kesulitan yang mereka hadapi. Memahami kesulitan itu dan memberikan solusi Islaminya. Islam adalah satu-satunya solusi bagi masalah-masalah manusia dan dijalankannya kewajiban dakwah termasuk upaya untuk mewujudkan solusi yang lengkap.

bacaan: khilafah.com/teen-suicides-on-the-rise-whats-going-wrong/
---

sebarkan Buku-Buku Supremasi Ideologi Islam

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam