Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Senin, 23 Desember 2013

Hadits Mengenai Syaitan

Hadits Mengenai Syaitan




Beberapa Peristiwa Yang Melibatkan Syaitan

Saudara pembaca yang budiman!
Kami di sini akan menyebutkan beberapa peristiwa yang menceritakan tentang musuh abadi manusia, syaitan yang telah dikutuk oleh Allah SWT.

Peristiwa-peristiwa di bawah ini kami piihkan untuk anda dari buku yang berjudul: “Al Bidâyah Wa an Nihâyah Târîkh”, “Nuzhah al Majâlis Wa Muntakhab an Nafâis” dan “Majmû’at al Hadîts an Najdiyyah”.

Dan untuk yang terakhir, Wahai saudaraku! kalian telah dan akan dihadapkan pada berbagai godaan syaitan yang telah mendapatkan kutukan dari Allah SWT. Oleh karena itu, berusahalah untuk menjauhkan diri dari semua perbuatan yang mengarah ke sana.

Seandainya anda dapat melakukan hal tersebut, maka anda akan mendapatkan kemenangan dan keridhoan Tuhan yang telah menciptakan seluruh dunia beserta isinya sekaligus membentuk dan menyempurnakan anda. Dan ketahuilah bahwa syaitan adalah musuh anda wahai saudaraku. Maka, marilah kita sama-sama ungkapkan kehinaan mereka.

> Diambil dari kitab “Al Bidâyah Wa an Nihâyah” juz pertama, cetakan pertama: tahun 1348 H:

·         Ditetapkan dalam kitab shahih Bukhari Muslim dari Anas ra. dari Sofiyah binti Huyay, bahwasanya Rasulullah Saw. berkata: “Syaitan masuk ke dalam tubuh anak adam melalui aliran darah.”

·         Dari Anas ra.: Rasulullah Saw. bersabda: “Syaitan meletakkan hidungnya tepat di hati anak Adam. Seandainya mereka mengingat Allah, maka syaitan akan menghina mereka dan seandainya mereka melupakan-Nya, maka syaitan akan terus meggerogoti imannya. Itulah syaitan yang selalu menanamkan kebimbangan dan kehinaan pada umat manusia.

·         Dari ‘Asim: “Saya mendengar Abu Tamimah bercerita Rasulullah Saw. bersabda: ‘Janganlah kamu mengatakan bahwa syaitan telah berhasil merasuki jiwa manusia. Karena, seandainya engkau mengucapkan kalimat tersebut, maka syaitan akan merasa sombong. Kemudian Rasulullah Saw. berkata: ‘Dengan seluruh kekuatanku, aku akan mencoba untuk melawannya.’ Kemudian Rasulullah melanjutkan: ‘Dan seandainya kamu mengucapkan dengan nama Allah (Bismillah), maka syaitan akan mengecil sampai sekecil lalat.”

·         Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: “Rasulullah Saw. membenarkan bahwa ketika pandangan mata dirasuki syaitan, maka manusia akan mulai memiliki sifat iri.”

·         Dari Urwah, dari Aisyah ra., dari Rasulullah Saw., ia berkata: “Barangsiapa makan dengan mempergunakan tangan kiri, maka ia makan dengan syaitan. Dan barangsiapa minum dengan mempergunakan tangan kiri, maka ia minum bersama syaitan.”

·         Dari Ibnu Zubair ra. ia bertanya kepada Zabir: “Aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda: ‘Apabila seseorang memasuki pintu rumahnya dan makan malam dengan menyebutkan nama Allah, maka syaitan akan berkata: Aku tidak akan dapat tidur dan makan malam di sini. Akan tetapi, apabila seseorang memasuki pintu rumahnya dan tidak mengingat nama Allah, maka syaitan akan mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan tempat untuk bermalam. Begitupula ketika ia lupa untuk mengucapkan nama Allah pada saat makan malam, maka syaitan akan berkata: ‘Aku telah mendapatkan tempat untuk tidur dan makan malam.”

·         Dari Jabir ra.: Rasulullah Saw. bersabda: “Apabila malam telah mengembangkan sayapnya, maka jagalah anak kalian agar tidak ke luar rumah. Karena pada saat itu, syaitan tengah berkeliaran. Apabila setelah satu jam dari waktu isya berlalu maka biarkanlah.”

·         Dari Abu Hurairah ra.: bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda: “Syaitan bersenandung dan mengambil tempat di kepala salah satu dari kalian. Ia tidur dan mengikat kamu dengan tiga tali. Kamupun harus melalui malam yang begitu panjang. Akhirnya, kamupun terbangun dan mengingat Allah, maka salah satu ikatan tadi terlepas. Seandainya kamu mengambil wudhu maka ikatan kedua akan terlepas. Apabila kamu melaksanakan shalat, maka kamu telah memutuskan seluruh tali yang syaitan belenggukan kepadamu. Maka, kamupun akan menjadi semangat dan memiliki jiwa yang bersih. Oleh karena itu, kamu harus berusaha untuk melakukannya. Karena, seandainya kamu tidak dapat melaksanakannya, maka jiwamu akan kotor dan dirimupun akan menjadi seorang pemalas.”

·         Dari Abu Zubair, dari Jabir berkata: “Rasulullah Saw. bersabda: ‘Tutuplah pintu-pintu kalian, bejana-bejana, tempat-tempat penampungan air, dan ikatlah dengan kuat pelana kuda kalian. Karena syaitan tidak akan mampu membuka pintu yang terkunci dengan rapat, memutar penutup air yang tertutup.”

·         Dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad Saw., ia berkata: “Apabila salah satu di antara kalian terbangun dari tidur, maka hendaknya ia berwudhu dan menyemburkan air dari hidungnya sebanyak tiga kali. Karena syaitan tertidur di dalam hidung manusia.”

·         Dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad Saw. ia bersabda: “Apabila kita bersegera mengikuti panggilan shalat, maka syaitanpun akan lari.”

·         Anas berkata: “Rasulullah Saw. bersabda: penuhilah barisan-barisan dalam shalat. Karena, syaitan selalu berdiri di tengah-tengah orang yang sedang melakukan shalat untuk mengganggu mereka.”

·         Abu Sa’id berkata: “Rasulullah Saw. bersabda: Barangsiapa melihat orang yang hendak lewat di depan orang yang tengah melaksanakan ibadah shalat, hendaknya ia melarangnya. Apabila orang tersebut menolak, laranglah untuk yang kedua kalinya. Dan seandainya orang tersebut masih tetap memaksa, maka ludahilah ia, karena ia tidak beda dengan syaitan.”

·         Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda: Menguap adalah perbuatan syaitan. Oleh karena itu, barangsiapa yang menguap maka sedapat mungkin ia harus menahannya. Karena, ketika seseorang mulai keluar kata (Haah) dari mulutnya, syaitanpun menertawakannya.”

·         Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda: Allah lebih senang mendengar bersin dan sangat membenci menguap. Sehingga, apabila ada seseorang yang mulai keluar suara (Haah) dari mulutnya, maka itu merupakan suara syaitan yang tertawa di dalam perut orang tersebut.”

·         Dari masruq, ia berkata bahwasanya Aisyah ra. bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang seseorang yang memalingkan pandangannya ketika shalat. Maka, pada waktu itu Rasulullah Saw. menjawab bahwa hal tersebut merupakan tindakan pencurian yang dilakukan oleh syaitan. Ia dengan sengaja mengecoh manusia ketika mereka tengah melaksanakan ibadah shalat.”

·         Dari Abdullah bin Abi Qatadah, dari ayahnya yang berkata bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda: “Mimpi baik datangnya dari Allah, sedangkan mimpi buruk dalam tidur hanya datang dari syaitan. Oleh karena itu, barangsiapa yang dihampiri mimpi buruk dalam tidurnya, hendaknya ia meludah ke arah kirinya dan mengucapkan lafadz ta’awwudz dengan berdoa semoga ia dijauhkan dari godaan syaitan dan keburukan yang sering dilakukannya. Dan perlu diingat bahwa sesungguhnya mimpi yang dibawa oleh syaitan tidak dapat mempengaruhi takdir manusia yang telah Allah tentukan.”

·         Disebutkan dalam kitab shahih Bukhari dan Muslim yang diriwayatkan oleh Anas ra. bahwasanya Rasulullah Saw. apabila memasuki tempat buang air selalu megucapkan: أعوذ با الله من الخبث و الخبائث  yang artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari hal-hal yang buruk dan kotor.”

·         Dalam berapa hadits, Rasulullah Saw. melarang umatnya untuk duduk di antara bayang-bayang matahari. Karena, tempat tersebut merupakan tempat syaitan.”

Hadits Mengenai Syaitan

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam