Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Selasa, 13 April 2010

Membuat Sendiri Permen Gula Batu - Tips Resep


 
Sangat mudah untuk membuat kristal gula Anda sendiri!

Gula kristal juga dikenal sebagai permen Gula Batu berasal dari proses kristalisasi sukrosa (gula meja) menyerupai batu kristal dan Anda dapat makan produk jadi Anda. Anda dapat membuat gula kristal indah bening dengan gula dan air atau Anda dapat menambahkan pewarna makanan untuk mendapatkan kristal berwarna. Ini sederhana, aman, dan menyenangkan. Air mendidih diperlukan untuk melarutkan gula, sehingga pengawasan orang dewasa dianjurkan untuk proyek ini. Catat, bahwa jumlah sirup gula yang akan kamu gunakan bergantung pada ukuran toples yang kamu pakai.

Kesulitan: Mudah
Diperlukan waktu: beberapa hari seminggu
Inilah Caranya:

1. Kumpulkan bahan Anda. 1 gelas toples yang bersih. Untuk membuat permen kristal gula batu pada stick kayu, stick ukurannya sedikit lebih panjang dari tinggi gelas toples. Gunakan penjepit kain untuk menaruh stick dengan mantap.

Atau anda ingin membuat permen kristal gula batu dengan benang tebal. Ukurannya sedikit lebih panjang dari tinggi toples dan rekatkan ke pensil. Letakkan pensil melintang bibir toples, dan panjangnya benang ke bawah hingga sekitar 1 inch dari dasar toples. Beri pemberat dengan paper clip di ujung bawah benang, pastikan tergantung lurus ke bawah.

2. Basahi benang atau stick kayu dan gulungkan ke gula pasir. Lapisan dasar ini akan memberi kristal-kristal gula sesuatu untuk dilekati ketika mereka mulai terbentuk. Biarkan kering benang itu atau stick kayu itu sementara anda siapkan sirup gula.

3. Rebus air. Air di panci medium hingga mendidih. Jika Anda merebus air di microwave, berhati-hatilah mengeluarkan itu untuk menghindari percikan!

4. Masukkan gula pasir, sesendok lalu aduk hingga larut, kemudian sesendok lalu aduk hingga larut.

Hindari menambahkan gula sampai mulai menumpuk di bagian bawah dan tidak akan larut bahkan dengan pengadukan lebih. Ini berarti larutan gula jenuh. Jika larutan gula jenuh, maka kristal Anda tidak akan tumbuh dengan cepat. Di sisi lain, jika Anda menambahkan terlalu banyak gula, kristal akan tumbuh pada gula larut dan tidak pada benang atau stick Anda.

5. Terus aduk dan rebus hingga semua gula telah ditambahkan dan semuanya larut. Jika sudah, matikan kompor.

6. Jika Anda ingin kristal berwarna, langsung adukkan beberapa tetes (2-3 tetes) pewarna makanan.

7. Siapkan toplesnya. Biarkan sirup gula mendingin hingga sekitar 10 menit. Letakkan corong besar di mulut toples.

8. Tuangkan larutan Anda ke dalam toples bening itu.

9. Letakkan stick itu ke tabung. Posisikan stick atau benang sampai menggantung sekitar 1 inch di atas dasar tabung.

Pastikan posisi mantap di mulut toples dengan penjepit kain atau dari pensil. Jangan sampai stick atau benang terlalu dekat dasar atau dinding toples, permen batu akan tumbuhnya ke dinding toples.

Tempatkan tabung toples di suatu tempat di mana ia dapat tetap tidak terganggu, di tempat sejuk. Jika Anda suka, Anda dapat menempatkan kertas lap di atas tabung agar mencegah debu jatuh ke dalam toples itu. Anda mestinya jumpai kristal-kristal gula mulai terbentuk dalam 4-6 jam. Jika anda tidak temukan kristal-kristal gula di stick atau benang setelah 24 jam, coba rebus kembali sirup gula itu dan larutkan lagi gula sebanyak itu, lalu tuangkan ke toples kembali dan masukkan stick atau benang lagi.

10. Biarkan kristal tumbuh sampai mereka telah mencapai ukuran yang diinginkan atau berhenti tumbuh. Proses ini bisa mencapai seminggu. Jangan biarkan tumbuh terlalu besar, nanti kristal gula akan menempel ke dinding toples! Pada titik ini, Anda bisa mengeluarkan stick atau benang dan biarkan kristal kering beberapa menit. Anda dapat makan mereka atau menyimpannya dibungkus plastik. Have fun!

Tips:

1. Kristal akan bisa membentuk pada sebuah tali wol atau benang, tapi tidak pada benang nilon.
2. Jika Anda membuat kristal untuk makan, jangan gunakan pemberat benang yang berbahaya jika dimakan.

Apa yang Anda Butuhkan:

* 1 gelas air
* 3 gelas gula meja (sukrosa)
* Pewarna makanan (pilihan)
* Tabung toples kaca bersih
* Stick kayu
* Pensil dan Benang (pilihan jika tidak stick kayu)
* Panci untuk merebus air dan membuat larutan
* Sendok atau batang pengaduk
 dari: about.com

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam