Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Senin, 12 April 2010

OPTIMISME DALAM KREATIVITAS DAN INOVASI BISNIS

OPTIMISME DALAM KREATIVITAS DAN INOVASI BISNIS

Pengusaha pasti optimis. Mereka harus. Tak seorangpun akan berhenti dari pekerjaan tetap untuk bekerja berjam-jam dengan imbalan keuangan yang awalnya sedikit, kecuali jika mereka benar-benar percaya di dalam hati mereka bahwa ide-ide inovatif mereka akan berhasil di pasar dan memberikan kekayaan, menyenangkan dan manfaat lain yang paling dicari pengusaha. Pengusaha optimis percaya pada ide-ide inovatif mereka dan bersedia untuk merisikokan serangkaian kehidupan dan tabungan mereka untuk membuat ide-ide menjadi kenyataan - dan karenanya menjadi inovasi.

Karyawan, dan terutama manajer, dalam medium untuk perusahaan-perusahaan besar juga harus optimis jika mereka ingin inisiatif inovasi mereka berhasil. Itu karena dalam bisnis, optimisme diperlukan untuk kreativitas dan inovasi yang efektif.

Kreativitas

Selama tahap kreatif dari proses inovasi, optimisme mensuplai berpikir kreatif. Itu karena ide-ide kreatif dalam bisnis adalah gagasan yang memiliki potensi untuk menambah nilai bagi perusahaan. Oleh karena itu, karyawan perlu merasa bahwa perusahaan layak menambahkan nilai. Mereka harus percaya bahwa perusahaan dapat tumbuh lebih besar, lebih efisien dan lebih menguntungkan melalui ide-ide inovatif. 
Mereka harus percaya bahwa perusahaan dapat membangun produk baru yang inovatif yang akan merebut pangsa pasar dan meningkatkan penjualan. Dengan kata lain, mereka harus merasa optimis tentang perusahaan mereka! Tanpa optimisme, kreativitas mungkin ada, tapi tidak akan terinspirasi.

Demikian juga, tanpa optimisme, tidak ada yang akan menyarankan, apalagi mengembangkan ide-ide yang secara substansial dapat meningkatkan efisiensi produksi, karena mereka tidak akan percaya perusahaan mereka akan bersedia untuk benar-benar melaksanakan ide-ide radikal tersebut. 
Selain itu, karyawan merasa pesimis dan meragukan bahwa perusahaan memberi mereka kewenangan untuk menerapkan perubahan radikal dalam proses produksi.

Di sisi lain, karyawan optimis akan percaya bahwa perusahaan mereka memiliki keinginan untuk membangun dan memasarkan produk-produk baru yang radikal serta meningkatkan proses-proses yang meningkatkan efisiensi dan kualitas.

Inovasi

Inovasi ini, tentu saja, termasuk pelaksanaan ide-ide kreatif yang memberikan nilai tambah bagi bisnis. Manajer dalam perusahaan mungkin tidak mengizinkan pelaksanaan ide radikal kreatif jika mereka tidak percaya ide itu akan berhasil. Keyakinan, tentu saja, membutuhkan optimisme baik dalam nilai potensial yang akan ide berikan serta kemampuan perusahaan untuk mengeksploitasi nilai tersebut.

Selain itu, semakin kreatif - dan berpotensi inovatif - suatu ide, semakin besar optimisme yang diperlukan untuk otorisasi pelaksanaan gagasan itu. Ide yang hanya meningkatkan sedikit, memerlukan perubahan sepele untuk melaksanakannya dan risikonya rendah. Oleh karena itu, sebagian besar manajer akan merasa bahwa bahkan sebuah perusahaan pecundang dapat menerapkannya. 
Tapi untuk ide-ide terobosan, menerapkannya membutuhkan perubahan besar dan lebih banyak risiko. Tanpa optimisme bahwa ide-ide akan berhasil dan menghasilkan nilai-nilai dari perubahan dan risiko, manajer tidak akan mengesahkan pengembangan gagasan tersebut.

Bad Times untuk Optimisme, Tapi ...

Tahun lalu telah menjadi saat yang buruk untuk optimisme dalam bisnis. Bisnis kehilangan penjualan dan harus mengencangkan ikat pinggang mereka, orang-orang kehilangan pekerjaan mereka, yang lain takut kehilangan pekerjaan dan tabungan menghilang. Setiap karyawan -beberapa rekan yang tahu dengan siapa dia telah bekerja sama di masa lalu dipecat- dan siapa yang khawatir tentang keamanan kerja sendiri, tidak mungkin merasa optimis tentang pekerjaannya, perusahaannya atau di masa mendatang.

Manajer, yang telah diberitahu untuk meningkatkan produktivitas meskipun anggaran dan staf yang hilang, mungkin tidak terlalu optimis tentang masa depan perusahaannya.

CEO, yang melihat penjualan menghilang lebih cepat dari cokelat Belgia di ruang kopi, adalah terlalu cenderung kurang optimis tentang masa depan perusahaannya.

Ironisnya, tanpa optimisme, hanya menjadi semakin sulit untuk berinovasi tentang cara perusahaan keluar dari kesulitan. Optimisme akan membuat bisnis dan karyawan mereka merasa lebih optimis. Tapi ini hanya awal.

Realisme, Harapan dan Self Esteem

Sayangnya, mencoba untuk membuat rekan Anda merasa lebih optimis tentang diri mereka sendiri (sebagai karyawan) dan Perusahaan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Hal ini membutuhkan campuran realisme, harapan dan harga diri yang meningkat. Bangunan blok untuk campuran ini dapat dikomunikasikan kepada karyawan.

Yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa komunikasi adalah realistis. Jika perusahaan ini jelas kehilangan uang dan pangsa pasar, klaim bahwa tidak ada masalah tidak akan dipercaya. Sebaliknya, adalah penting untuk mengidentifikasi masalah dan apa yang dilakukan untuk menyelesaikannya. Solusinya harus, tentu saja, melibatkan inovasi. Lagi pula, proses inovasi paling efektif adalah tentang mengidentifikasi masalah, menghasilkan solusi potensial, mengevaluasi mereka dan mengidentifikasi orang-solusi yang memecahkan masalah yang paling efektif.

Kedua, Anda benar-benar harus memberikan harapan pada pegawai. Jika tidak ada harapan, tidak boleh ada optimisme. Harapan harus realistis, tentu saja, tetapi harus ada. Sangat mungkin harapan ini adalah sebagian dari potensi inovasi untuk memecahkan masalah.

Akhirnya, Anda perlu membangun harga diri karyawan Anda. Mereka perlu merasa baik tentang diri mereka sebagai profesional dan sebagai bagian dari solusi untuk masa depan perusahaan Anda. Menyadari pentingnya kontribusi mereka dan menguntungkan adalah cara yang sangat baik bangunan harga diri. Pelatih juga dapat membantu karyawan merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri dan tempat mereka bekerja.

Dan jika karyawan di setiap tingkat tangga perusahaan menjadi lebih optimis tentang masa depan perusahaan mereka, inisiatif inovasi menjadi lebih mungkin berhasil.
bacaan: jpb.com

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam