Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Senin, 12 April 2010

Struktur Dasar Paragraf - Latihan

Struktur Dasar Paragraf - Latihan

Kamus Merriam-Webster Definisi "Paragraf": Paragraf adalah bagian komposisi tertulis yang terdiri dari satu atau lebih kalimat dan berhubungan dengan suatu poin atau memberikan kata-kata seorang pembicara.

Kalimat Topik: Sebuah kalimat topik adalah kalimat pertama paragraf Anda. Harus kalimat paling umum dalam Paragraf dan harus memperkenalkan gagasan keseluruhan yang ingin Anda bahas nanti dalam Paragraf. Indentasi dari kata pertama dalam kalimat topik Anda tidak lagi diperlukan.

Contoh: Misalkan Anda ingin menulis Paragraf tentang pemasaran artikel. Penampakan kalimat topik paragraf Anda mungkin terlihat seperti ini:

"Menulis puluhan, ratusan atau bahkan ribuan artikel dan membuatnya tersedia bagi
distribusi adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa situs web Anda mendapatkan lonjakan dalam lalu lintas kunjungan selama jangka panjang."
-Christopher Knight, CEO, EzineArticles.com

Catatan: Kalimat topik memperkenalkan topik secara umum dan mengatur, menjadi acuan bagi sisa Paragraf yang berisi kalimat-kalimat detil. Ketika pembaca membaca kalimat topik, pertanyaan harus biasanya muncul dalam pikiran pembaca. Dalam hal ini, seharusnya pertanyaan "Mengapa" dan pembaca harus mengharapkan bahwa sisa paragraf akan memberikan jawaban untuk pertanyaan ini.

Kalimat Pendukung: Kalimat pendukung harus "mendukung" atau menjelaskan ide yang dinyatakan dalam kalimat topik. Rincian penting untuk membantu pembaca memahami apa yang Anda tulis. Harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kalimat topik Anda.

Contoh: kalimat pendukung Anda untuk Paragraf Anda tentang pemasaran artikel mungkin terlihat seperti ini:

"Ketika Anda menaruh artikel Anda ke dalam distribusi (berarti Anda menyerahkan mereka untuk penerbit ezine dan situs penerbit artikel ezine yang dikunjungi
untuk konten segar), Anda meningkatkan kesempatan artikel Anda menjadi konten tambahan oleh penerbit ezine. Mereka mengambil artikel Anda dan mengirimnya ke email keanggotaan newsletter mereka atau menambahkan ke situs Web mereka."
-Christopher Knight, CEO, EzineArticles.com

Catatan: Paling banyak 5-7 kalimat pendukung paragraf. Jika menulis tentang strategi atau memberikan tips atau daftar item, poin atau daftar nomor dapat
berguna di sini, bukan kalimat-kalimat pendukung biasanya.

Kalimat Penutup: Kalimat penutup biasanya terjadi pada akhir paragraf dan merangkum informasi yang disajikan dalam paragraf. Hal ini mirip dengan kalimat topik, tapi tidak persis sama.

Contoh: Anda menyimpulkan kalimat untuk Paragraf Anda tentang menulis artikel mungkin terlihat seperti ini:

"Menulis artikel adalah investasi tenaga kerja dan distribusi yang bisa lunas dengan terjadinya lonjakan dalam lalu lintas ke situs Anda selama bertahun-tahun yang
datang tanpa harus membeli lalu lintas. Anggap saja investasi Anda untuk lalu lintas masa depan di properti website Anda."
-Christopher Knight, CEO, EzineArticles.com

Catatan: kalimat Penutup terutama digunakan dalam penulisan paragraf panjang formal dengan beberapa rincian dalam kalimat pendukung. Paragraf singkat (2-3
kalimat pendukung) tidak memerlukan kalimat penutup.

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam