Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Senin, 27 Agustus 2018

Kita Bakal Mati



LENTERA KEBANGKITAN

Kita Bakal Mati

Oleh: Zakariya al-Bantany

Allah lah yang telah menciptakan alam semesta, manusia dan kehidupan ini. Allah SWT berfirman:

"Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy. Tidak ada bagi kamu selain dari pada-Nya seorang penolong pun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?" (QS. As-Sajadah: 4)

Dan Allah pun menciptakan kita di dunia ini, melainkan hanya untuk beribadah dan menyembah kepada Allah SWT semata sekaligus menjadi Khalifahnya Allah SWT dalam mengelola dan mengurusi bumi ini dengan hanya menjalankan Syariah Allah atau hukum-hukum Allah saja di muka bumi ini . Allah SWT berfirman:

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah (mengabdi) kepada-Ku." (QS. Adz-Dzariyat: 56)

"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang Khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (Khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"." (QS. Al-Baqarah: 30)

Dan kita pun sebagai manusia adalah makhluk dan hamba-Nya ini yang sangatlah lemah, tidak kekal dan tiada abadi. Sebab kita semua bakal mati, sedangkan Allah SWT Maha Kekal nan Abadi. Kita ini adalah camat alias calon mati dan calon mayat. Allah SWT berfirman:

“Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Jumu’ah: 8).

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (QS. An-Nisa’: 78).

“Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad).” (QS. Al-Anbiya’: 34).

“Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.” (QS. Ar-Rahman: 26-27).

Kemudian setiap jiwa pasti akan merasakan kematian. Allah SWT pun berfirman:

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan kematian.” (QS. Ali Imran: 185).

Dan tentunya seluruh perkataan dan perbuatan kita bahkan letupan isi hati kita, komentar kita, postingan kita, tulisan kita, browsing kita, chattingan kita, dan pilihan hidup kita baik ataupun buruknya pastilah akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah SWT di Yaumil Hisab kelak dan akan mendapatkan balasannya dari Allah SWT di Akhirat nanti. Allah SWT berfirman:

"Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya. Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya." (QS. Al-Zalzalah: 6-8).

Di Yaumil Hisab kelak kita dihisab atau diadili oleh Allah hanya pakai cara hukum-hukum Allah atau Syariahnya semata bukan pakai cara hukum demokrasi ataupun hukum jahiliyah lainnya.

Setelah dihisab di Yaumil Hisab kelak balasannya hanya ada dua pilihan di Akhirat nanti yakni surga atau di neraka. Jika ditimbang lebih banyak amal shalihnya, maka positif ia bakal ke surga. Allah SWT berfirman:

“Dan barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah beramal shalih, maka mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi (mulia), (yaitu) surga-surga ‘Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).” (QS. Thaha: 75-76)

Rasulullah Saw. bersabda:

“Surga itu ada 100 tingkatan, yang dipersiapkan oleh Allah untuk para Mujahid di jalan Allah. Jarak antara dua surga yang berdekatan sejauh jarak langit dan bumi. Dan jika kalian meminta kepada Allah, mintalah surga Firdaus, karena itulah surga yang paling tengah dan paling tinggi yang di atasnya terdapat Arsy milik Ar-Rahman, darinya pula (Firdaus) bercabang sungai-sungai surga.” (HR. Al-Bukhari, No. 2790)

Sebaliknya bila ia ditimbang ternyata lebih banyak amal salah dan amal thalih (buruk) nya, maka positif ia bakal ke neraka minimal berabad-abad lamanya bagi muslim yang banyak maksiatnya dan maksimal kekal selama-lamanya di neraka bagi orang-orang kafir dan munafik. Allah SWT berfirman:

"Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal." (QS. At-Taubah: 68)

Nabi Saw. pun bersabda:

“Adapun ahli neraka yang mereka merupakan penduduknya, maka sesungguhnya mereka tidak akan mati di dalam neraka dan tidak akan hidup. Tetapi orang-orang yang dibakar oleh neraka dengan sebab dosa-dosa mereka, maka Dia (Allah) mematikan mereka. Sehingga apabila mereka telah menjadi arang, diberi izin mendapatkan syafa’at. Maka mereka didatangkan dalam keadaan kelompok-kelompok yang berserakan. Lalu mereka ditebarkan di sungai-sungai surga, kemudian dikatakan: “Wahai penduduk surga tuangkan (air) kepada mereka!” Maka mereka pun tumbuh sebagaimana tumbuhnya bijian yang ada pada aliran air." (HR. Muslim, No. 185)

Semoga kita tidak salah pilih, tidak salah kata, dan tidak salah langkah dalam kehidupan ini khususnya di zaman now era akhir zaman ini yang penuh fitnah.

Sebab, fitnah besar akhir zaman menjelang fitnah sangat besar dajjal adalah fitnah duhaima' yakni bercokolnya penguasa ruwaibidhah dan bercokolnya sistem kufur demokrasi kapitalisme sekuler dan sosialisme komunisme.

Fitnah duhaima' berupa bercokolnya penguasa ruwaibidhah dan sistem kufur demokrasi kapitalisme sekulerisme dan sosialisme komunisme dapat menggerus bahkan melenyapkan akidah atau iman kita dan amal shalih kita tanpa kita sadari.

Dan ini sangat membahayakan akhir kehidupan kita dan nasib kita kelak di akhirat nanti.

Rasulullah Saw. bersabda:

“Sesungguhnya, menjelang terjadinya Kiamat ada fitnah-fitnah seperti sepotong malam yang gelap gulita, pada pagi hari seseorang dalam keadaan beriman, tetapi pada sore hari ia menjadi kafir, sebaliknya pada sore hari seseorang dalam keadaan beriman, namun di pagi hari ia dalam keadaan kafir. Orang yang duduk pada masa itu lebih baik daripada yang berdiri, orang yang berdiri lebih baik daripada yang berjalan, dan orang yang berjalan lebih baik daripada orang yang berjalan cepat. Maka, patahkan busur kalian, putus-putuslah tali kalian, dan pukullah pedang kalian dengan batu, jika salah seorang dari kalian kedatangan fitnah-fitnah ini, hendaklah ia bersikap seperti anak terbaik di antara dua anak Adam (yakni bersikap seperti Habil, jangan seperti Qabil–pent).” (HR. Abu Dawud (4259), Ibnu Majah (3961) Al-Fitan, Ahmad (19231), dan Hakim)

Dalam sebuah hadits disebutkan pula: “Ketahuilah, sesungguhnya fitnah itu dari sini, fitnah itu dari sini, dari arah terbitnya tanduk setan.” (HR. Bukhari (3279) Bad’ul-Khalqi, Muslim Al-Fitan wa Asyrathu’s-Sa’ah)

Secara bahasa fitnah bisa bermakna ujian, cobaan, bala’, bencana dan siksaan. Pada riwayat di atas Rasulullah Saw. memberikan peringatan kepada umatnya agar mewaspadai adanya fitnah yang bisa menggoncang keimanan mereka.

Penggambaran fitnah laksana potongan malam yang amat pekat itu menunjukkan betapa berat dan berbahayanya fitnah itu. Ini merupakan peringatan penting bagi setiap Muslim, bahwa banyaknya fitnah yang menyebabkan seseorang murtad baik secara lahiriah maupun secara ideologis merupakan tanda dekatnya akhir zaman.

Tentang fitnah yang bisa membuat kaum Muslimin terperosok pada kekufuran setelah keimanannya diperkuat dalam riwayat yang menjelaskan tentang kemunculan fitnah duhaima’. Riwayat tentang fitnah duhaima’ bercerita tentang masa-masa yang akan dihadapi oleh kaum Muslimin menjelang keluarnya Dajjal untuk menebar fitnah dan huru-hara.

Rasulullah Saw. bersabda:

“Setelah itu akan terjadi fitnah Duhaima’, yang tidak membiarkan seorang pun dari umat ini kecuali akan ditamparnya dengan tamparan yang keras. Ketika orang-orang mengatakan, “Fitnah telah selesai”, ternyata fitnah itu masih saja terjadi. Di waktu pagi seseorang dalam keadaan beriman, namun di waktu sore ia telah menjadi orang kafir. Akhirnya manusia terbagi menjadi dua golongan: golongan beriman yang tidak ada kemunafikan sedikit pun di antara mereka, dan golongan munafik yang tidak ada keimanan sedikit pun di antara mereka. Jika hal itu telah terjadi, maka tunggulah munculnya Dajjal pada hari itu atau keesokan harinya.” (HR. Abu Dawud no. 3704, Ahmad no. 5892, dan Al-Hakim no. 8574. Dishahihkan oleh Al-Hakim, Adz-Dzahabi)

Hadits di atas mengisyaratkan hakikat fitnah Duhaima’ akan meluas mengenai seluruh umat ini. Meskipun manusia menyatakan fitnah tersebut telah berhenti, ia akan terus berlangsung dan bahkan mencapai puncaknya.

Beliau Saw. menerangkan tentang efek yang ditimbulkan oleh fitnah ini, yaitu munculnya sekelompok manusia yang di waktu pagi masih memiliki iman, namun di sore hari telah menjadi kafir. Ini merupakan sebuah gambaran tentang kedahsyatan fitnah tersebut. Fitnah ini akan mencabut keimanan seseorang hanya dalam bilangan hari, dan ini juga merupakan sebuah gambaran betapa cepatnya kondisi seseorang itu berubah.

Tentang hakikat dari fitnah ini, ada tiga gambaran yang paling mendekati bentuknya, yaitu fitnah demokrasi kapitalisme sekuler liberal dan fitnah perang global melawan terorisme serta bermunculannya penguasa ruwaibidhah jabriyatan. Ketiga fenomena ini adalah wujud yang paling mendekati semua ciri yang termuat pada fitnah Duhaima’.

Ketiga fitnah ini pula yang paling berpotensi menjadikan seorang masih beriman di pagi hari namun tanpa sadar menjadi kafir di sore hari.

Karena itulah, kita berlindung kepada Allah dari dahsyatnya fitnah duhaima' dan fitnah dajjal tersebut, sebab sungguh kita pun tidak tahu pasti kapan tiba masanya ajal kita datang menjemput. Karena maut sendiri adalah perkara ghaib dan rahasia Allah dan hanya Allah SWT yang Maha Tahu kepastiannya.

Dan juga sungguh nyawa kita ini pun benar-benar dalam genggaman Allah SWT, dan Allah Maha Menyaksikan lagi Maha Mengetahui atas setiap perkataan, perbuatan dan letupan isi hati kita ini. Dan Malaikat Mautnya Allah SWT pun selalu setiap saat mengintai kita dan menunggu perintah Allah untuk mencabut nyawa kita, manakala tibanya ajal kita yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Oleh sebab itu, sebaik-baik harta dan bekal dalam menghadapi kematian atau maut yang selalu mengintai kita tersebut dalam kehidupan di dunia ini adalah hanyalah iman dan takwa semata. Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Hasyr: 18)

Semoga Allah SWT menjaga dan melindungi kita semua dari fitnah duhaima' dan fitnah dajjal serta dari kematian su'ul khatimah dan dari siksa api neraka.

Dan semoga dengan iman dan takwa kita yang sebenar-benarnya kepada Allah SWT, Allah SWT pun semoga berkenan mematikan kita dalam keadaan husnul khatimah yaitu mati dalam keadaan beriman dan bertakwa serta mati dalam dakwah dan jihad di jalan Allah.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahanam, dan siksa kubur, dan fitnah hidup dan mati, dan dari fitnah Dajjal."
(HR. Muslim, Abu ‘Awanah, Nasa’i, dan Ibnul Jarud dalam Al-Muntaqa [27])

Aaamiin.

Wallahu a'lam bish shawab. []

#2019TumbangkanDemokrasi
#2019TegakkanKhilafah

@Zakariya al-Bantany
(artikel ini tanpa tulisan Arabnya)

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam