Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Sabtu, 08 November 2014

Peran Keluarga Muslim Membangun Masyarakat


Peran Keluarga Muslim Membangun Masyarakat


Pasal Pertama:
Pentingnya Peran Keluarga Dalam Membangun Masyarakat Muslim

I. Struktur Masyarakat Muslim

Yang dimaksud dengan struktur (البنية) adalah: sebuah bentuk atau sistem yang ada pada sebuah masyarakat tertentu. Dan bangunan atau pondasi dasar ini kita namakan dengan keluarga. Sehingga kita dapat mengatakan:
Seandainya tidak ada bangunan keluarga, maka tidak akan ada bangunan masyarakat. Sebagaimana, seandainya tidak ada bangunan keluarga, maka tidak akan ada bangunan umat.

Masyarakat muslim memiliki bahan dasar —berupa kaidah— yang menjadi unsur utama bangunan ini dan batu yang akan ikut berperan serta dalam menegakkan bangunan ini.
Dan di sini, kita akan mencoba untuk menentukan apa saja yang menjadi pondasi dasar dan struktur dalam proses pembangunan ini.

Adapun pondasi dasar yang akan menegakkan bangunan masyarakat muslim ini akan kami sebutkan secara singkat saja, karena kami tidak mungkin untuk menerangkannya secara terperinci:
·         Akidah. Keyakinan yang benar tentang Allah, alam raya, kehidupan, adanya manusia, syaitan, malaikat, kitab-kitab-Nya, para Rasul, hari akhir dan ketentuan Allah.
·         Beribadah kepada Allah SWT secara benar, sesuai dengan ajaran yang telah diturunkan. Yang mengharuskan manusia untuk mensucikan diri dan hati, mengucapkan dua kalimat syahadat dan hanya melakukan segala sesuatu karena Allah dan Rasul-Nya.
·         Berinteraksi sesuai dengan peraturan yang telah diwajibkan oleh Islam dalam segala hal yang berhubungan dengan interaksi sesama manusia.

·         Membiasakan diri untuk berlaku adil dan bermurah hati.
·         Memerintahkan kepada ideologi (akidah dan syariah) Islam dan melarang kepada selain ideologi Islam, jihad di jalan Allah untuk meninggikan kalimat-Nya. Sehingga, seluruh lapisan masyarakat dapat melalui kehidupannya dengan mempergunakan kaidah yang sama yang bersandarkan pada keadilan syariah.
·         Berusaha menerapkan sistem dan ajaran Islam dengan mengikuti metode tuntunan dari Rasul Saw. dalam mengubah masyarakat bersistem kufur menjadi masyarakat bersistem Islam.

Itulah unsur-unsur dasar yang harus dipenuhi dalam membangun sebuah masyarakat Islami.

Adapun struktur yang ikut membantu berdirinya bangunan masyarakat Islami adalah sebagai berikut:
·         Keluarga, yaitu: Organisasi pertama dalam struktur masyarakat. Dan badan inilah yang akan menjaga kelestarian makhluk Allah di bumi yang bernama manusia. Sebagai ilustrasi sederhana, badan ini terdiri dari: laki-laki dan perempuan yang keduanya terikat oleh tali pernikahan resmi menurut Islam. Di samping itu, juga terdapat anak-anak, buah pernikahan mereka.
Oleh karena itu, Islam telah datang dengan membawa nilai-nilai ajaran moralitas yang sangat tinggi guna mendidik kepribadian seluruh anggota keluarga.
Di samping itu, agama Islam juga telah meletakkan undang-undang dan hukum dalam bangunan keluarga ini untuk mengatur semua orang yang memiliki pertalian di dalamnya. Atau, keluarga lain yang berinteraksi dengan keluarga ini.

·         Satu kelompok manusia yang terdiri dari beberapa keluarga. Apapun nama kelompok-kelompok tersebut, nilai-nilai moralitas seperti apapun yang mereka anut, motif apapun yang menggerakkan mereka, tujuan apapun yang mereka kehendaki atau cara apapun yang mereka pergunakan berakar dari ajaran Islam yang benar.
Sehingga, amalan apapun yang mereka lahirkan, praktek dan proses interaksi yang mereka terapkan akan mengubah pemikiran, standar kebaikan, dan peraturan masyarakat

Beberapa individu yang tidak dapat membangun bahtera rumah tangga, karena kondisi yang belum memungkinkan mereka untuk melakukan hal tersebut dan hal-hal yang di luar keinginannya. Maka, merekapun tetap dianggap sebagai struktur sosial seperti halnya keluarga dan kelompok-kelompok tertentu. Dan tentu saja kita tidak dapat mengabaikan pengorbanan dan jerih payah mereka dalam mengubah masyarakat ke arah Islam.

Inilah struktur sosial dalam bangunan masyarakat muslim dan dalam proses pembangunannya, semuanya itu harus disandarkan kepada syariat hukum Islam. Dan, sambil menjalaninya, seorang muslim harus mengetahui tujuan dan cara untuk meraihnya dan bagaimana strateginya dalam menempuh kehidupan.
Setiap kerangka yang kita pergunakan dalam membangun masyarakat Islami tersebut berakar dari tuntunan ajaran Islam. Dan di dalamnya kita harus memperhatikan dua unsur:
-          Melaksanakan kewajiban
-          Menerapkan hak

Jadi, pada dasarnya setiap individu mereka harus melaksanakan seluruh kewajibannya secara sempurna, sesuai dengan kemampuannya. Karena Alah tidak akan membebani manusia di luar kemampuannya. Di samping itu, mereka juga harus menerapkan setiap hak yang mereka miliki.

Bangunan masyarakat yang ditopang oleh pondasi dasar dan struktur di atas tidak akan tergoyah oleh berbagai serangan peradaban kufur yang sekarang sering menghujam masyarakat yang memiliki sistem pemerintahan kapitalis, sosialis dan lain sebagainya. Bahkan, bangunan masyarakat mereka selalu diwarnai oleh keseimbangan dan keharmonisan dengan naungan sistem negara Khilafah yang mengikuti manhaj kenabian.

Unduh Buku Generasi Masyarakat Islami

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam