Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Selasa, 15 Maret 2016

Mengenal Islam



Mengenal Islam
(a) Takrif Islam
Islam agama dan ideologi (beda dengan agama dan ideologi lain)

Wawasan dalam Islam
       Wawasan Islam ada 2 macam:
       (1) Pengetahuan Islam: definisi (ta’rif) Islam, Akidah, Syari’at, Kepribadian (Syakhshiyah), Dakwah dan siyasah.
       (2) Ilmu Alat: Bahasa Arab, Ushul Fiqh, Ulumul Qur’an dan Ulumul Hadits.

Pengertian Islam
       Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah, dibawa oleh Muhammad bin Abdullah untuk mengatur manusia dalam hubungan dengan Allah, dengan dirinya dan manusia lainnya.
      Diturunkan oleh Allah, menafikkan agama selain dari Allah: Al Maidah 3, Ali Imran 19 dan 85.
      Dibawa oleh Muhammad bin Abdullah, bukan agama nabi lain. Yahudi dan Nasrani adalah meng-kafir-i (At-Taubah 30, Al-Bayyinah: 1) An Nisa’ : 163, An Nahl : 123, Al-Maidah : 48 menunjukkan bahwa agama terdahulu juga agama Tauhid (mengesakan Allah). Namun, Islam  menyatakan keimanan  terhadap  kerasulan Muhammad (serta as-Sunnah) dan Al Qur'an sebagai kitabullah.
      Mengatur manusia dalam hubungannya dengan Allah, dengan dirinya dan dengan manusia lain; mengatur kehidupan dunia-akhirat, pahala-siksa, ritual-siyasi (poleksosbudhankam).

Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah
       Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu (al-Maidah: 3).
       Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka (al-Imran: 19).
       Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi (al-Imran:85).

Yahudi dan Nasrani meng-kafir-i Kenabian Muhammad
       Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putra Allah" dan orang Nasrani berkata: "Al Masih itu putra Allah". Demikian itulah ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah-lah mereka; bagaimana mereka sampai berpaling? (at-taubah: 30).
       Orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata (al-Bayyinah: 1).

Agama terdahulu juga agama tauhid, namun berbeda dalam keimanan kepada Nabi Muhammad (as-Sunnah) dan Al-Qur`an
       Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, Isa, Ayub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud (an-Nisa: 163).
       Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif." dan dia bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan (an-Nahl: 123).
       Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur'an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu (al-Maidah: 48).

Islam sempurna (agama dan ideologi)
       Islam berbeda dari agama lainnya, agama samawi maupun agama buatan manusia yang hanya mengurusi ibadah ritual, tidak sistem kehidupan yang lengkap.
       Islam adalah ideologi  yang berbeda dengan ideologi sosialis-komunis dan kapitalis yang hanya mengurusi kehidupan sehari-hari tapi tidak dalam ibadah ritual.
       Islam risalah sempurna, Islam kaffah tidak sebagian saja: (1) solusi kehidupan, (2) ilmu alat untuk memahami wahyu: bahasa Arab, Ushul Fiqh, Ulumul Qur’an dan Ulumul Hadits.

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam