Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Senin, 12 Agustus 2013

Muslim Tertindas Tanpa Sistem Khilafah

 
Kasus pemecatan seorang buruh yang memprotes pejabat perusahaan yang melarang shalat di tempatnya bekerja menurut Iwan Januar merupakan cerminan buruknya perlakuan dunia industri.

“Ini adalah cerminan buruknya perlakuan dunia industri dan ketenagakerjaan terhadap pekerja Muslim,” ungkap anggota Lajnah Siyasiyah DPP Hizbut Tahrir Indonesia tersebut kepada mediaumat.com, Selasa (7/8).

Menurutnya,  meski mayoritas penduduk negeri ini Muslim tapi UU Ketenagakerjaan yang ada tidak memberikan perlindungan hak-hak ibadah pekerja Muslim. “Di sana-sini kita masih mendengar ada karyawati yang dilarang berjilbab, dipersulit untuk shalat Jumat, dipaksa mengenakan pakaian natal, termasuk tidak disediakan ruangan untuk shalat,” bebernya.

Alasan efesiensi yang sering dilontarkan manajemen berbagai perusahaan juga dinilai Iwan mengada-ada. “Yang ada adalah kemalasan pengusaha untuk memenej kebutuhan pekerja dengan baik. Kan mereka tahu pekerjanya mayoritas Muslim, harusnya mereka sadar kewajiban ibadah bagi Muslim. Mereka malas dan tidak kreatif karena memang sudah sekuler, yang penting profit. Ini sudah kategori kejahatan terhadap umat Islam.”

Iwan menegaskan ini semua merupakan dampak diterapkannya sistem kapitalisme, sistem yang menyingkirkan agama dalam dunia industri. “Selama mindset perekonomian adalah kapitalisme selamanya kasus seperti ini akan berulang. Solusinya harus kembali pada Islam,” pungkasnya.

Sebelumnya, seorang buruh bernama Lami mengaku di-PHK karena memprotes pejabat perusahaan yang melarang shalat di pabrik tempatnya bekerja di bilangan Cakung, Jakarta Timur. Lami lantas mengadukan masalah tersebut ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Rabu (31/7).
 
Ia datang didampingi pengurus LSM Kontras dan beberapa temannya. “Saya dipersulit untuk shalat. Saya protes, lalu malah dipecat,” ujar Lami saat melapor ke Komnas HAM.[] [www.al-khilafah.org]

Selama Mindsetnya Kapitalisme, Pelecehan terhadap Hak Buruh Muslim Terus Berulang

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails

Spirit 212, Spirit Persatuan Umat Islam Memperjuangkan Qur'an Dan Sunnah

Unduh BUKU Sistem Negara Khilafah Dalam Syariah Islam